Kompas.com - 17/09/2017, 18:49 WIB
Sekumpulan burung migran mendatangi Danau Limboto, Gorontalo. KOMPAS.COM/ROSYID AZHARSekumpulan burung migran mendatangi Danau Limboto, Gorontalo.

GORONTALO, KOMPAS.com  -  Hidup burung migran berdekatan dengan marabahaya dan tidak jarang mereka menemui ajal di tengah perjalanan panjangnya.

Migrasi akbar burung ini dimulai saat musim dingin tiba di belahan bumi utara. Padang rumput tertutup salju, sungai dan danau membeku, tidak ada makanan lagi buat mereka.

Koloni burung berbagai spesies ini secara serentak menghindari musim dingin yang beku. Mereka bergerak ke arah selatan, terbang berhari-hari, menyinggahi banyak tempat untuk beristirahat dan mencari makan.

Semakin hari mereka bergerak ke arah selatan hingga di kawasan khatulistiwa dan berlanjut ke sisi selatan bumi. Saat musim dingin di bagian utara berakhir, mereka kembali ke tempatnya.

Dalam proses migrasinya ini, burung menghadapi berbagai ancaman, kebakaran hutan, badai, perburuan, hingga musnahnya kawasan habitat yang dituju.