Kompas.com - 10/12/2017, 20:45 WIB
|
EditorMichael Hangga Wismabrata

KOMPAS.com - Mencari planet lain sebagai tempat tinggal baru bagi manusia merupakan salah satu impian besar para ilmuwan. Seiring ramalah ilmuwan akan hancurnya bumi kita.

Para ilmuwan baru saja menemukan planet Bumi Super, yaitu planet yang dinilai mirip dengan bumi dan dapat mungkin dapat ditinggali manusia.

Super Earth tersebut ditemukan bernama K2-18b yang berada pada sistem bintang kerdil merah (K2-18). Letak planet ini sekitar 111 tahun cahaya dari bumi di rasi bintang Leo.

Dengan menggunakan Accelerator Radial Velocity Planet Searcher (HARPS) ESO, tim astronom internasional menemukan planet tersebut ketika mereka mencatat adanya exoplanet kedua.

Baca Juga: Teori Baru, Kehidupan Planet Berasal dari Debu Luar Angkasa

Penelitian yang merinci temuan mereka, yaitu karakterisasi sistem multi planet K2-18 dengan HARPS, dijadwalkan akan dipublikasikan dalam jurnal Astronomy and Astrophysics.

Penelitian tersebut didukung oleh Natural Sciences and Research Council of Canada (NSERC) dan Institute for Research on Exoplanet, sebuah konsorsium ilmuwan dan mahasiswa dari Universitas Montreal dan Universitas McGill, Kanada.

Mereka melakukan penelitian terhadap K2-18b dengan harapan mengenal karakter exoplanet tersebut dan menentukan sifat sebenarnya.

Planet tersebut pertama kali ditemukan pada 2015. Kabar baiknya, planet tersebut mengorbit di dalam zona bintang layak huni alias Goldilocks Zone.

Mengingat jaraknya dari bintangnya, permukaan K2-18b menerima radiasi dalam jumlah yang sama dengan bumi. Tapi perkiraan ukuran awal, membuat para astronom sulit menentukan apakah planet tersebut Super Earth atau Super Neptunus.

Peneliti utama penelitian ini, Ryan Cloutier, menyebut untuk alasan itulah ia dan timnya berusaha untuk mengkarakterisasi massa planet tersebut. Ini merupakan sebuah langkah penting untuk menentukan sifat atmosfer dan sebagian besar komposisinya.