Telinga Kanan atau Telinga Kiri, Mana yang Lebih Baik dalam Mendengar?

Kompas.com - 09/12/2017, 08:31 WIB
Mendengar Radio Mendengar Radio AFPMendengar Radio
|
EditorMichael Hangga Wismabrata

KOMPAS.com -- Ingin mendengar dengan lebih jelas? Coba miringkan kepala Anda dan arahkan telinga kanan ke sumber suara. Menurut para ilmuwan, telinga kanan lebih peka daripada telinga kiri manusia.

Fungsi telinga kanan yang dapat memproses dan menyimpan informasi audio lebih baik dari telinga kiri sebetulnya sudah diketahui cukup lama.

Pada tahun 1967, misalnya, Doreen Kimura menggunakan tes dichotic listening dan menemukan bahwa telinga kanan terhubung dengan otak kiri manusia yang berfungsi untuk memproses bahasa atau kata yang didengar. Kemampuan ini tidak dipengaruhi oleh kidal atau tidaknya seseorang.

Lalu pada 1973, para ilmuwan telah menerbitkan makalah yang menyatakan bahwa telinga kanan lebih unggul pada anak-anak yang berusia 5 sampai 13 tahun.

Baca Juga: Telinga Berdengung Bukan Tanda Anda "Digosipin", tetapi...

Nah, temuan terbaru ini mencoba mencari tahu apakah fungsi telinga kanan akan tetap unggul meski dalam keadaan bising. Subyek penelitiannya pun dikhususkan pada orang dewasa untuk melihat perkembangan fungsi telinga.

"Semakin kita tahu bagaimana telinga menjalankan fungsi pendengaran di lingkungan yang bising dan upaya mendengarkan secara umum; alat diagnostik dan pelatihan pendengaran akan menjadi lebih baik," kata Danielle Sacchinelli, ketua penelitian dari Auburn University, Alabama, seperti dikutip dari Science Alert, Kamis (7/12/2017).

Meski telinga kanan disebut tetap lebih unggul sampai dewasa, peneliti ingin mengetahui seberapa baik kondisinya. Hal ini untuk melihat bagaimana telinga kanan berkembang.

Tim peneliti mencatat bahwa saat masih anak-anak, telinga kanan memiliki fungsi yang sangat berbeda dari telinga kiri. Setelah menginjak dewasa, telinga sudah terbiasa dalam memproses dan menggabungkan dua sinyal pendengaran. Efeknya, keunggulan telinga kanan dalam mendengar berkurang.