Kejutkan Astronom, 11 Bayi Bintang Lahir di Dekat Lubang Hitam

Kompas.com - 30/11/2017, 21:35 WIB
11 bintang muda pada pengamatan ALMA 11 bintang muda pada pengamatan ALMA
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Penemuan benda luar angkasa selalu mencuri perhatian publik.

Kali ini, para astronom yang menggunakan Atacama Large Milimeter/submilimeter Array (ALMA) mengungkapkan bahwa mereka telah menemukan 11 bintang muda atau yang kerap disebut dengan protobintang dalam jarak tiga tahun cahaya dari Sagitarius A*.

Sagitarius A* sendiri adalah sebuah lubang hitam yang sangat besar di pusat galaksi bima sakti kita.

Pengamatan ALMA sebelumnya di sekitar Sagitarius A* mengungkapkan keberadaan beberapa bintang muda yang diperkirakan berumur 6 juta tahun. Benda-benda ini dikenal sebagi proplyds yang merupakan fitur umum di daerah pembentuk bintang tenang seperti Nebula Orion.

Baca juga: Supernova Menguak Adanya Bintang yang Hidup Lagi Setelah Mati

Namun, observasi ALMA yang baru mengungkapkan sesuatu yang luat biasa, yaitu adanya 11 bintang muda atau protobintang yang terbentuk dalam jarak 3 tahun cahaya dari Sagitarius A*.

Kehadiran protobintang ini menunjukkan bahwa kondisi yang diperlukan untuk kelahiran bintang bermassa rendah mungkin ada di salah satu daerah paling bergolak di bima sakti.

"Meski ada banyak kemungkinan, kami melihat bukti terbaik bahwa bintang-bintang bermassa rendah terbentuk sangat dekat dengan Sagitarius A*." kata Dr Farhad Yusef-Zadeh, astronom di Northwestern University dikutip dari Sci-News, Kamis (30/11/2017).

"Ini adalah hasil yang benar-benar mengejutkan dan menunjukkan betapa kuat pembentukan bintang, bahkan di tempat paling tidak mungkin," sambungnya.

Baca juga: Jika Manusia Bukan Pengelana Antar Bintang Pertama, lalu Siapa?

Data ALMA juga menunjukkan bahwa protobintang yang baru ditemukan berumur sekitar 6.000 tahun.

"Hal ini penting karena ini adalah fase terawal pembentukan bintang yang kami temukan di lingkungan yang sangat tidak bersahabat," ucap Dr. Yusef-Zadeh.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Sci-News
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X