Kompas.com - 25/11/2017, 21:04 WIB
Katak Jaguar moncong, katak spesie baru yang sudah hampir punah. Ditemukan di Brasil. Katak Jaguar moncong, katak spesie baru yang sudah hampir punah. Ditemukan di Brasil.
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Para ilmuwan semakin menambah panjang daftar kekayaan katak dunia. Mereka menemukan spesies katak pohon baru di tempat yang tidak biasa, yaitu di hamparan jalan raya Brasil yang terbengkalai.

Saat para herpetolog mendengar suara katak jantan di hutan hujan Amazon, mereka menduga bahwa suara tersebut berasal dari spesies baru di dunia sains.

Rafael de Fraga, seorang herpetolog dari National Institute of Research, Amazon, dan koleganya mengkonfirmasikan dugaan tersebut dengan analisis genetik.

Tim penemu menamai spesies ini Scinax onca, atau katak pohon jaguar moncong. Nama ini diambil dari tutul pada kulit katak yang mirip dengan kucing besar yang mereka temui di area tersebut.

BACA: Peneliti Kenalkan 4 Spesies Katak Baru dari Sumatra

"Selama ekspedisi mengumpulkan sampel, kami beruntung dapat bertemu dengan beberapa jaguar," ujar de Fraga seperti dilansir dari National Geographic, Kamis (23/11/2017).

De Fraga melanjutkan, katak yang ditemukan merupakan spesies ke-27 dari Scinax atau genus katak moncong yang diketahui berasal dari lembah Amazon. Menurut catatan, ada lebih dari 800 spesies katak pohon di seluruh dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pertemuan antara sungai Purus dan Madeira adalah tempat hidup katak yang sangat spesial berdasarkan sudut pandang biologis. Di sana adalah rumah bagi beragam spesies," jelas de Fraga.

Pertemuan tidak sengaja

Sejauh ini, belum banyak yang diketahui oleh para peneliti tentang temuan yang sudah diterbitkan di jurnal Zookeys ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.