Kompas.com - 08/08/2017, 21:04 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com – Kekayaan fauna Indonesia memang tidak ada habisnya. Setelah berhasil menemukan spesies ular dan bunglon baru, kali ini Dr Amir Hamidy, M Sc dan kolega kembali dengan empat spesies katak dengan genus Philautus baru dari Sumatra.

Makalah yang akan dipublikasikan dalam jurnal Herpetological Monographs ini merupakan hasil kerjasama dari para peneliti  Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, University of Texas Arlington, Universitas Brawijaya, dan Broward College.

Mereka melakukan sebuah survei fauna herpetologi di pulau Jawa dan Sumatra mulai dari bulan Juni 2013 hingga Agustus 2015 dan menemukan empat katak Philautus baru, serta lima katak Philautus yang sudah diidentifikasikan sebelumnya.

(Baca juga: Bukti Kekayaan Nusantara, 2 Spesies Reptil Baru Ditemukan di Sumatra)

Penemuan ini semakin memperluas koleksi katak Sumatra yang selama ini dikira hanya terdiri dari tiga spesies, yakni P aurifasciatus, P cornutus, dan P similis.

Berikut adalah keempat katak dari genus Philautus yang ditemukan oleh Dr Amir dan kolega:

1. Philautus amabilis

Para peneliti menemukan katak P amabilis  di Bur Ni Telong, Kabupaten Bener Meriah, Aceh; Gunung Merapi, Sumatra Barat; dan Gunung Sibuatan, Sumatra Utara, mulai dari ketinggan 1550 meter di atas permukaan laut.

Katak ini dapat dikenali dari ukurannya yang sedang, tidak adanya tonjolan-tonjolan pada kelopak mata, siku, dan kaki.

Pejantan dari P amabilis juga tidak memiliki nuptial pad, sebuah benjolan berwarna hitam pada jempol yang digunakan untuk memegang betina saat kawin (amplexus), dan betinanya tidak memiliki benjolan besar pada bagian moncong (rostrum)

Dikarenakan bentuknya yang cantik, Amir dan kolega pun menamai katak ini amabilis yang diambil dari bahasa latin maskulin untuk cantik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.