Inikah Lukisan Anjing Tertua di Dunia?

Kompas.com - 19/11/2017, 21:10 WIB
Lukisan ini diduga sebagai lukisan yang menggambarkan anjing pertama di dunia. Lukisan ini diduga sebagai lukisan yang menggambarkan anjing pertama di dunia.

KOMPAS.com - Pada dinding gua yang terletak di tepi sungai gurun Arab, ada lukisan pemburu yang sedang menarik busur panahnya didampingi belasan anjing di sekitarnya. Pria itu diapit dua anjing dengan garis melintang yang menghubungkan ke pinggangnya.

Beberapa lukisan serupa terukir pada dinding lain. Tim peneliti menduga, lukisan ini sudah berusia lebih dari 8.000 tahun. Bisa jadi, ini adalah penggambaran tentang anjing yang paling awal.

Di lain hal, lukisan itu juga menunjukkan bahwa manusia sudah melatih, mengendalikan, dan dekat dengan anjing sejak ribuan tahun lalu.

Disebut sebagai lukisan anjing tertua, ada beberapa ahli yang belum sependapat dan ingin lebih banyak bukti fisik untuk membuktikannya.

Selama tiga tahun terakhir, Maria Guagnin, arkeolog dari Institut Max Planck yang fokus pada Ilmu Sejarah Manusia di Jerman bekerjasama dengan Komisi Pariwisata dan Warisan Budaya Arab Saudi, fokus meneliti seni pada dinding gua di Shuwaymis dan Jubbah.

"Penggembala dan pemburu sangat jelas berbeda," kata Guagnin dikutip dari National Geographic, Minggu (19/11/2017).

Dia menjelaskan bahwa batu yang diukir di situs dinding tebing Shuwaymis dan Jubbah memperlihatkan anjing-anjing itu membantu perburuan manusia.

Baca Juga: Kok Bisa Anjing Membedakan Orang yang Baik dan Jahat?

Jika dilihat ukirannya, anjing-anjing itu dibuat menyerupai anjing Kanaan (masih tergolong ras anjing paria dan berasal dari Timur Tengah, red).

Anjing di lukisan itu digambarkan dengan gigi taring berukuran sedang, telinga runcing, dan ekor yang melengkung.

Anjing-anjing pemburu kuno di Arab Saudi (bawah) diidentifakasi menyerupai anjing jenis Kanaan (atas). Anjing-anjing pemburu kuno di Arab Saudi (bawah) diidentifakasi menyerupai anjing jenis Kanaan (atas).

Dari lukisan dinding yang ditemukan ini, menunjukkan hal yang menarik. Bahwa zaman dulu anjing merupakan teman berburu dan teman manusia.

Lukisan anjing tertua

"Masalah pada seni ukiran batu adalah tidak ada metode yang bisa diandalkan untuk memprediksi waktu pembuatan dengan tepat," kata Guagnin.

Untuk mengakali hal itu, peneliti akhirnya menganalisis batuan lapuk di sekitar lokasi dan mencari tahu muatan yang digunakan dalam ukiran.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorYunanto Wiji Utomo
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X