Planet Hangat Mengelilingi Tetangga Matahari, Bisakah Dihuni?

Kompas.com - 17/11/2017, 11:23 WIB
Ross 128b Ross 128bRoss 128b
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com -- Para astronom menemukan sebuah planet baru yang diketahui memiliki suhu udara tergolong sedang dan ukuran yang mirip dengan bumi.

Hal ini kemudian memicu pertanyaan, bisakah dijadikan tempat tinggal?

Disebut Ross 128b, planet baru tersebut ditemukan para astronom pada 2016 melalui La Silla Observatory, Chile, dengan spektograf HARPS. Ia mengorbit bintang Proxima Virginis atau Ross 128 yang karakternya lebih redup dari Matahari.

Nicola Astudillo-Defru dari Observatorium Jenewa, Swiss, menjelaskan bahwa kondisi atmosfer di Ross 128b belum diketahui secara pasti, terutama apakah planet tersebut memiliki sumber air atau tidak yang mendukung kehidupan makhluk hidup.

"Kita masih perlu tahu seperti apa atmosfer di planet Ross 128b. Tergantung pada komposisinya, pantulan awannya, dan apakah ada persediaan air yang mampu menopang kehidupan seperti bumi, atau steril seperti kondisi di Venus," kata Nicola seperti dikutip dari BBC, Rabu (15/11/2017).