Planet Hangat Mengelilingi Tetangga Matahari, Bisakah Dihuni?

Kompas.com - 17/11/2017, 11:23 WIB
Ross 128b Ross 128bRoss 128b
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com -- Para astronom menemukan sebuah planet baru yang diketahui memiliki suhu udara tergolong sedang dan ukuran yang mirip dengan bumi.

Hal ini kemudian memicu pertanyaan, bisakah dijadikan tempat tinggal?

Disebut Ross 128b, planet baru tersebut ditemukan para astronom pada 2016 melalui La Silla Observatory, Chile, dengan spektograf HARPS. Ia mengorbit bintang Proxima Virginis atau Ross 128 yang karakternya lebih redup dari Matahari.

Nicola Astudillo-Defru dari Observatorium Jenewa, Swiss, menjelaskan bahwa kondisi atmosfer di Ross 128b belum diketahui secara pasti, terutama apakah planet tersebut memiliki sumber air atau tidak yang mendukung kehidupan makhluk hidup.

"Kita masih perlu tahu seperti apa atmosfer di planet Ross 128b. Tergantung pada komposisinya, pantulan awannya, dan apakah ada persediaan air yang mampu menopang kehidupan seperti bumi, atau steril seperti kondisi di Venus," kata Nicola seperti dikutip dari BBC, Rabu (15/11/2017).

Baca juga: 20 Planet Baru Mirip Bumi Ditemukan, Bisakah Ditinggali?

Dalam laporan yang diterbitkan melalui jurnal Astronomy & Astrophysics, Ross 128b diketahui memiliki massa 1,35 lebih besar massa bumi. Planet di luar tata surya kita ini mengorbit 20 kali lebih dekat pada bintangnya dibandingkan bumi dengan matahari.

Akan tetapi, karena kondisi bintangnya yang lebih redup, planet Ross 128b hanya menerima radiasi 1,38 kali lipat dari radiasi yang diterima bumi. Hal inilah yang membuat membuat suhu di Ross 128b antara -60 hingga 20 derajat celcius. Suhu ini dianggap paling mendekati bumi.

Ilmuwan sebetulnya telah menemukan beberapa planet di luar tata surya kita yang memiliki suhu sedang, tetapi ternyata mereka memiliki tingkat radiasi lebih tinggi dari bumi.

Proxima B, misalnya. Planet ini merupakan salah satu exoplanet (planet di luar tata surya kita) yang memiliki suhu ringan. Sayangnya, tingkat radiasi ultraviolet di planet tersebut 30 kali lebih tinggi dari bumi.

Di lain sisi, Ross 128 merupakan bintang dekat yang "paling tenang" untuk menjadi tuan rumah exoplanet beriklim sedang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X