Kompas.com - 12/11/2017, 20:05 WIB
Lembaga perancis mencurigai ledakan nuklir dari Rusia atau Kazakhstan Yuri MaltsevLembaga perancis mencurigai ledakan nuklir dari Rusia atau Kazakhstan
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Lembaga keselamatan nuklir Perancis (IRSN) baru-baru ini melaporkan mengenai adanya awan radioaktif di Eropa selama beberapa minggu terakhir.

Mereka menduga bahwa awan tersebut berasal dari sebuah kecelakaan fasilitas nuklir di Rusia atau Kazakhstan pada minggu terakhir bulan September 2017.

Dalam pernyataannya yang dilansir oleh Reuters, Kamis (9/11/2017), IRSN berpendapat bahwa awan tidak dipicu oleh kecelakaan reaktor nuklir, melainkan sebuah kecelakaan yang terjadi di tempat perawatan bahan bakar nuklir atau pusat obat nuklir.

Baca juga: Mengapa Padi Mutasi Nuklir Sulsel Disebut yang Terbaik?

Sejauh ini, IRSN belum bisa menentukan lokasi pasti dari pelepasan bahan radioaktif tersebut.

Namun berdasarkan pola cuaca, zona yang dianggap paling masuk akal adalah di selatan pegunungan Ural, antara Ural dan Sungai Volga, yang merupakan perbatasan antara Rusia dan Kazakhtan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pihak berwenang Rusia berkata bahwa mereka tidak mengetahui adanya kecelakaan di wilayah mereka," ujar Jean-Marc Peres, direktur IRSN yang dikutip dari Reuters.com, Kamis (9/11/2017).

Sayangnya, hal yang sama tidak bisa dikatakan oleh Peres mengenai Kazakhtan karena lembaga ini belum berhasil menghubungi pemerintah Kazakhstan.

Kecelakaan besar

Sebetulnya, fenomena misterius ini tidak hanya menarik perhatian IRSN saja.

Peres berkata bahwa dalam beberapa minggu terakhir, lembaganya dan beberapa lembaga nuklir Eropa lainya telah mengukur kadar rutenium 106 (nuklida radioaktif yang merupakan produk dari pemisahan atom dalam reaktor nuklir yang tidak terjadi secara alami) yang sangat tinggi.

Halaman:


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.