Kompas.com - 30/10/2017, 18:02 WIB
Sebuah bola cahaya di langit Siberia disangka kapal alien Alexey YakovlevSebuah bola cahaya di langit Siberia disangka kapal alien
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com - Beberapa bola cahaya yang bersinar terlihat di seluruh Siberia, Rusia, pada Kamis (26/10/2017).

Penduduk setempat yang melihatnya sempat mengabadikan fenomena ini dan mengunggahnya ke YouTube. Dalam video berdurasi 30 detik tersebut, terlihat sebuah bola cahaya di langit gelap.

Fenomena tak biasa ini kemudian memicu ketakutan penduduk dan membuat mereka mengira bahwa bola-bola yang bercahaya adalah kapal alien.

"Pada awalnya saya pikir ini adalah pancaran yang sangat indah dan berbentuk bulat," kata Alexey Yakovlev, seorang fotografer yang berhasil mengabadikan fenomena tersebut dikutip dari Siberian Times, Jumat (27/10/2017).

Baca juga: Pertama Kali dalam Sejarah, Asteroid Alien Datangi Tata Surya Manusia

"Tapi secara bertahap bola mulai berkembang, dan menjadi jelas bagiku bahwa ini bukan sekadar sinar biasa... dan itu menjadi menakutkan..." sambung Yakovlev yang sebelumnya berencana memotret aurora pada malam tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, kabar bahwa bola tersebut adalah kapal alien ternyata tidak benar.

"Ini adalah tes rudal," kata Jonathan McDowell, seorang astrofisikawan yang bekerja di Harvard Smithsonian Center for Astrophysic seperti dikutip dari National Geographic, Jumat (27/10/2017).

Dia melanjutkan, empat rudal balistik diluncurkan dan setidaknya satu di antaranya diamati secara luas. Tidak ada keraguan tentang identifikasi pengamatan sebagai tes rudal.

Hal ini juga ditegaskan oleh Kementerian Pertahanan Rusia yang mengatakan bahwa mereka telah melepaskan rudal balistik Topol antar-benua dari Plesetsk ke wilayah uji timur jauh di semenanjung Kamchatka.

Sebenarnya, uji coba semacam ini dilakukan setiap tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.