Pertanyaan Terbesar tentang Bulan yang Belum Terjawab hingga Sekarang

Kompas.com - 27/10/2017, 19:00 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com- Apakah masih ada misteri yang belum terungkap dari bulan? Mengapa manusia begitu ingin tahu kondisi bulan? Mengapa para astronot berlomba-lomba untuk menginjakkan kaki mereka di sana?

Bulan adalah objek langit dalam tata surya yang paling banyak dipelajari oleh manusia. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) Indonesia, Thomas Djamaluddin, kepada kompas.com.

Djamaluddin menjelaskan para ilmuwan bekerja keras mengungkap misteri bulan tersebut. "Secara umum, semua rahasia bulan sudah terungkap, seperti jenis batuannya, kondisi fisiknya, strukturnya dan asal usulnya," katanya pada hari Jumat (27/10/2017).

Menurutnya, struktur dan komposisi batuan di bulan menjadi temuan terbesar bagi para ilmuwan.

"Misteri terbesar yang sudah terungkap adalah komposisi batuan di bulan sama dengan komposisi di kulit bumi. Dan berdasarkan kajian komposisi ini, muncul teori baru pembentukan bulan," katanya.

Baca Juga: Ada "Goa" di Permukaan Bulan, Mungkinkah Pindah ke Sana Sekarang?

Pembentukan bulan itulah yang kini belum terjawab dengan pasti.

Teori baru pembentukan bulan mengungkap, bulan tidak berasal dari kulit bumi yang terkoyak karena tumbukan obyek sebesar planet Mars, namun dari tumbukan antara bagian kulit bumi yang terkoyak dengan obyek penumbuk.

"Material yang terlepas terkondensasi berkondenasi (proses perubahan sebuah zat menjadi lebih padat dari sebelumnya-red) dan akhirnya menjadi bola bulan karena adanya gaya gravitasi antara keduanya, dan karena pengaruh gravitasi bumi, akhirnya material tersebut mengorbit ke bumi," katanya.

Sementara itu, seperti dilansir dari laman Space.com, hingga saat ini tentang teori asal usul bumi terus berkembang.

Banyak ilmuwan menyodorkan teori mereka. Ada juga teori bulan berasal dari pecahan material bumi. Bahkan terdapat teori bulan merupakan bulan 'curian' dari planet Venus.

Baca Juga:  Ramalan Tabrakan Antariksa Diungkap, Ada Dua Bulan yang Akan Musnah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.