Ramalan Tabrakan Antariksa Diungkap, Ada Dua Bulan yang Akan Musnah

Kompas.com - 08/09/2017, 12:11 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah tabrakan diramalkan akan terjadi. Bukan di jalan raya, melainkan di lintasan orbit Uranus, planet es raksasa di tata surya.

Planet keempat terbesar di sistem keplanetan kita itu merupakan kawasan padat bulan. Ada 27 bulan yang dibagi menjadi 13 bulan dalam, 5 bulan luar, dan 9 bulan tak beraturan.

Seperti Saturnus, Uranus juga memiliki cincin. Namun yang aneh, bentuk cincin Uranus rupanya mirip segitiga, tidak lingkaran sempurna.

Peneliti dari Universitas Idaho dan Wesley College mengungkap, keanehan bentuk itu terjadi karena bulan mini Uranus bernama Cressida.

Partikel-partikel dalam cincin Uranus bergerak lebih cepat daripada Cressida. Saat partikel mengelilingi Uranus 3 kali, Cressida baru 2 kali.