Kompas.com - 16/09/2017, 16:05 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rematik atau dalam istilah medis disebut dengan arthritis ternyata tidak hanya diderita oleh manusia.

Ya, penyakit arthristis yang ada di era modern ini ternyata sudah ada sejak zaman purba dan bahkan pernah menyerang dinosaurus. Kesimpulan dinosaurus rematik ini diambil dari hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti terhadap fosil Hadrosaurid.

Baca juga: Tahukah Kamu Apakah Sakit Rematik Itu?

Bintik aneh di tulang buktikan dinosaurus alami rematik

Peneliti curiga dengan adanya kondisi persendian yang tidak biasa pada fosil dinosaurus berusia 78 juta tahun ini.

Mereka menemukan tulang dari dinosaurus berparuh bebek dewasa ini menyatu serta berbintik aneh.

Oleh karena itu, para peneliti pun menduga jika dinosaurus ini menderita radang arthritis kronis yang disebut dengan Spondiloartritis. Penyakit ini menyerang tulang belakang dan dapat membuatnya menyatu.

"Ini adalah kasus Spondiloartritis pertama yang terjadi pada hadrosaurid yang kita ketahui," kata Darren Tanke, peneliti dari Royal Tyrrell Museum of Palaeontology di Alberta Kanada.