Kompas.com - 23/08/2017, 20:24 WIB
Escherichia coli www.cdc.govEscherichia coli
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Penelitian baru mengungkap bahwa mikroba yang berada di usus kita berkomunikasi dengan otak. Komunikasi itu menentukan kesehatan kita.

Austin Mudd dan timnya dari Universitas Illinois di Urbana Champaign dan timnya mengungkap hal itu setelah meneliti kaitan mikroba usus bayi babi dan metabolit saraf yang terkait dengan aktivitas otak.

Mereka menggunakan magnetic resonance spectroscopy untuk menganalisis kandungan metabolit saraf dan membandingkan dengan keragaman mikroba pada usus.

Riset mengungkap, bakteri Bacteroides dan Clostridium mempengaruhi konsentrasi zat kimia otak yang disebut myo-inositol sementara golongan bakteri Butyricimonas mempengaruhi kandungan n-acetylaspartate (NAA).

Bacteroides juga berkaitan dengan kadar kreatin yang tinggi dalam tubuh. Sementara, semakin banyak bakteri jenis Ruminococcus, maka level NAA akan lebih rendah.

Baca Juga: Makhluk Tercerdik Itu Bernama Mikroba

Tinggi rendahnya zat metabolit saraf dalam tubuh bayi babi itu menunjukkan bahwa bakteri usus berbicara dengan otak.

Setelah diteliti lebih lanjut, rupanya mikroba usus menggunakan hormon kortisol - penurun stress - untuk berkomunikasi dengan otak.

"Mediasi ini menarik, memberikan kita masukan tentang bagaimana mikrobiota pada usus berkomunikasi dengan otak," ungkapnya Ryan Dilger, peneliti Universitas Illinois lain yang terlibat seperti dikutip Science Alert, Rabu (23/8/2017).

Tim ilmuwan yang melaporkan temuannya di jurnal Gut Microbes minggu ini mengatakan, penelitian lebih lanjut perlu untuk mengonfirmasi apakah hal yang sama terjadi pada manusia.

Bila ternyata nanti terungkap, ilmuwan bisa menggali lebih jauh pengaruh keragaman mikroba pencernaan pada penyakit.

Baca Juga: Untuk Semua Pria, Bakteri pada Kulup Penismu Tingkatkan Risiko HIV

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.