Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Penghasil Emisi Karbon Tertinggi Keenam di Dunia

Kompas.com - 15/10/2014, 19:55 WIB
Risky Wulandari

Penulis


KOMPAS.com — World Resources Institute (WRI) di Washington DC melaporkan emisi karbon dioksida (CO2) negara-negara di dunia sejak 1850 hingga 2011 lewat peta interaktif.

Peta interaktif tersebut mengungkap bahwa emisi gas rumah kaca di dunia mengalami perubahan drastis selama 160 tahun terakhir. Negara berkembang mengalami peningkatan emisi yang cukup besar.

Dilansir Daily Mail pada Jumat (3/10/2014), Tiongkok duduk sebagai negara penghasil emisi terbesar, lebih dari 10,26 miliar ton. India duduk di posisi keempat yang mengeluarkan emisi sebesar 2,4 miliar ton.

Sementara itu, Indonesia menghasilkan 2,05 miliar ton emisi, menjadikannya negara nomor enam penghasil emisi terbesar. Brasil duduk di peringkat ketujuh dengan 1,419 miliar ton.

Total emisi CO2 dunia sebesar 46 miliar ton. Tahun 1990-an, sekitar dua pertiga dari emisi CO2 berasal dari negara-negara maju. Kini, emisi negara berkembang mulai meningkat.

Emisi negara maju tak bisa dibilang menurun. Amerika menjadi penghasil emisi terbesar kedua dengan total 6,2 miliar ton, sedangkan Uni Eropa di posisi kedua terbesar dengan 4,3 miliar ton.

Lalu, Rusia menghasilkan 2,2 miliar ton emisi karbon. Jepang di posisi delapan dengan 1,17 miliar CO2. Sementara itu, Kanada berada di posisi kesembilan dengan 847 juta ton karbon, disusul Jerman berada di urutan ke-10 dengan 806 juta ton.

WRI menggunakan WRI Ciat 2.0 untuk mengolah data dari pemerintah, lembaga riset, dan badan internasional yang mengukur emisi gas rumah kaca dari tahun 1990 hingga 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com