Kompas.com - 06/08/2013, 19:32 WIB
Ilmuwan membuat lukisan Mona Lisa terkecil yang ukurannya hanya 30 mikron. Georgia TechIlmuwan membuat lukisan Mona Lisa terkecil yang ukurannya hanya 30 mikron.
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Lukisan Mona Lisa bisa dikatakan sebagai lukisan yang paling sering direproduksi dalam sejarah seni. Namun, lukisan Mona Lisa yang direproduksi kali ini boleh jadi paling istimewa sebab punya ukuran sangat kecil, cuma 30 mikron atau setara dengan sepertiga rambut manusia.

Diberitakan Livescience, Senin (5/8/2013), pembuat lukisan Mona Lisa skala nano itu adalah tim dari Georgia Tech. Tim membuat lukisan itu dengan mikroskop gaya atom lewat teknik bernama ThermoChemical NanoLithography (TNCL).

Masing-masing piksel berukuran 125 nanometer dalam lukisan Mona Lisa ini menunjukkan reaksi kimia berbeda. Teknik ini memungkinkan ilmuwan mengontrol jumlah panas pada masing-masing piksel sehingga molekul juga bervariasi. Bila panas lebih banyak, warna lebih terang.

Sebenarnya, lukisan mikroskopik Mona Lisa merupakan langkah untuk mendemonstrasikan kemampuan TCNL dalam membuat variasi konsentrasi molekuler pada skala yang sangat kecil. Para ahli berpikiran jika mungkin saja TCNL mampu diaplikasikan dalam sebuah manufaktur skala nano.

"Kami membayangkan TCNL mampu membuat pola gradien dari karakteristik fisika dan kimia lain, seperti konduktivitas graphene," kata Jennifer Curtis, ilmuwan Georgia Tech yang terlibat pembuatan lukisan ini.

"Teknik ini seharusnya juga memungkinkan berbagai eksperimen dan aplikasi yang sebelumnya tidak dapat diakses dalam berbagai bidang seperti nanoelektronik, optoelektronik, dan juga teknobiologi," ujar Curtis.

Proses pembuatan lukisan mikroskopis Mona Lisa telah dijelaskan secara online dalam jurnal Langmuir. Penggunaan lukisan Mona Lisa dalam bidang sains bukan yang pertama kali. Peneliti NASA sebelumnya pernah memancarkan sinar laser berkekuatan tinggi bergambar Mona Lisa ke Bulan. (Dyah Arum Narwastu)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.