Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rendah Karbon, dan REDD

Kompas.com - 20/12/2012, 04:53 WIB

Oleh Brigitta Isworo Laksmi

Signifikankah hasil perundingan pada Konferensi Perubahan Iklim PBB di Doha, Qatar, bagi kiprah Indonesia? Bisa jadi tidak. Pemerintah Indonesia tetap yakin bisa menurunkan emisi sebesar 26 persen atau 41 persen jika ada bantuan asing dibandingkan dengan emisi tahun 2020 tanpa ada intervensi. 

Sebagai anggota kelompok negara berkembang di kelompok G77 dan China, Indonesia lebih mengutamakan komunikasi soal mitigasi. Hal itu antara lain lewat Deklarasi Sistem Karbon Nasional di samping bicara soal proyek Pengurangan Emisi dari Deforestasi dan Degradasi Lahan (REDD+) yang dimaknai oleh Satuan Tugas REDD+ sebagai ”beyond carbon”.

Padahal, bencana hidrometeorologi yang dekat kaitannya dengan perubahan iklim frekuensinya mencapai 77 persen dari seluruh bencana (catatan tahun 1815-2011). Sejak Januari 2012- Desember 2012 terjadi 729 kejadian bencana hidrometeorologi, atau 77 persen lebih tinggi dari rata-rata 2002-2011.

Sepanjang perundingan dan pertemuan tingkat menteri, delegasi Indonesia tidak tampak mampu merebut perhatian pers. Perundingan krusial yang menghadapkan secara frontal kubu negara berkembang dan negara maju tak diolah delegasi Indonesia. Padahal, Indonesia memiliki modal cukup untuk memimpin negara-negara berkembang bernegosiasi dengan negara-negara maju.

Menurut juru runding Indonesia, Suzanty, Indonesia berperan mendesak adanya trayektori untuk dana adaptasi dari negara maju. Selebihnya Indonesia tidak tampak mendesak negara maju untuk memberi komitmen angka (bantuan dana).

Padahal, Indonesia adalah salah satu negara yang paling rentan terhadap bencana iklim. Sekretaris Kelompok Kerja Adaptasi Ari Muhammad menegaskan, dari berbagai aspek, Indonesia amat rentan terhadap bencana iklim.

”Indonesia terdiri dari pulau-pulau yang di antaranya amat kecil. Wilayah lautnya pun luas, lebih luas dari wilayah darat sehingga ancaman dari laut jelas,” kata Ari. Pernah diprediksikan 2.000 pulau di Indonesia terancam tenggelam akibat kenaikan permukaan air laut akibat pemanasan global.

Gelombang laut yang semakin ganas dan tinggi juga mengakibatkan nelayan semakin miskin karena hasil tangkapan turun hingga 20 persen. Belum lagi kejadian gelombang tinggi yang membuat nelayan tak bisa melaut atau menjadi korban.

Di dalam negeri, kebijakan adaptasi, menurut Ari, masih bersifat amat sektoral. Kajian kerentanan selama ini belum terkoordinasi secara baik. Ironisnya bahkan Rencana Aksi Nasional Adaptasi Perubahan Iklim (RAN-API) masih dalam proses penyusunan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com