Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan di Xinjiang Disengaja

Kompas.com - 20/08/2010, 03:25 WIB

BEIJING, KAMIS - Tujuh orang tewas dan 14 lainnya terluka akibat ledakan yang terjadi di tengah kerumunan orang banyak di Provinsi Xinjiang, Kamis (19/8). Pelaku diduga seorang lelaki yang mengendarai kendaraan penuh bahan peledak.

Polisi Xinjiang telah menahan seorang tersangka dari etnis Uighur yang diduga menabrakkan kendaraan roda tiga ke kerumunan orang di kota bagian selatan Xinjiang, Aksu, menurut juru bicara pemerintah, Hou Hanmin, dalam sebuah konferensi pers di ibu kota wilayah itu, Urumqi.

”Pembangunan di Xinjiang tidak akan dipengaruhi oleh satu kelompok kecil orang-orang jahat. Situasi secara keseluruhan di Xinjiang baik,” katanya.

”Tersangka adalah orang Uighur, korban juga kebanyakan adalah orang Uighur,” ujar Hou lagi.

Hou belum mau menyebutkan bahwa tindakan itu adalah aksi terorisme.

Pusat informasi

Menurut Pusat Informasi untuk Hak Asasi Manusia dan Demokrasi di Hongkong yang telah mewawancarai beberapa orang di Aksu, setelah kejadian tersebut diberlakukan keadaan darurat dan banyak polisi dikerahkan ke sana.

Provinsi Xinjiang yang berada di barat merupakan provinsi yang sebagai besar penduduknya adalah Muslim. Sudah lama suku Uighur merasa tertekan di bawah pemerintahan China.

Pada 5 Juli tahun lalu, ibu kota Provinsi Urumqi dilanda kerusuhan karena pergolakan antara suku Han yang pendatang serta dominan dan suku Uighur yang merupakan penduduk asli provinsi tersebut.

Kedua kelompok saling menyerang dan merusak serta menjarah toko-toko.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com