Ekspedisi Menangkap Gambar Benda Luar Angkasa, Astronom Gunakan ini

Kompas.com - 04/02/2020, 09:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber SPACE.COM

KOMPAS.com - Memotret planet asing di luar Bumi sangat sulit. Para astronom mencoba mengawalinya dengan meluncurkan kamera balon yang akan terbang di atmosfer Bumi.

Melansir Space, Senin (3/2/2020), adalah Christopher Mendillo, seorang astronom di University of Massachussets Lowel dan timnya telah menangani proyek Picture-C, yang melakukan uji terbang pertama pada September 2019 lalu.

Penerbangan tersebut tidak akan pernah menangkap gambar sebuah ekspolanet. Akan tetapi, setidaknya itu dapat membuka jalan di masa depan untuk bisa melakukannya.

Mendillo mengungkapkan keberhasilan dan tantangan uji penerbangan pada awal bulan ini, di pertemuan 235th Americam Astronomical Society di Honolulu.

Baca juga: Buru Exoplanet, Badan Antariksa Eropa Luncurkan Teleskop Luar Angkasa

"Kami dapat menunjukkan semua yang ingin kami tunjukkan. Kami memenuhi semua kriteria kesuksesan kami, dengan penerbangan yang hebat," ujar Mendillo.

Hingga saat ini, para ilmuwan belum pernah melihat sebagian besar dari 4.000 ekspolanet yang pernah ditemukan. Dunia ini hanya melewati bayang-bayang yang tidak terlihat dari bintang-bintang itu.

Pencitraan langsung dari suatu planet sangat sulit, karena benda-benda ini jauh lebih redup, tetapi sangat dekat dengan bintang mereka.

Mendillo berharap ada sistem pencitraan seperti Picture-C yang dapat dilakukan di masa yang akan datang.