Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badak Hitam Super Langka Lahir di Kebun Binatang AS

Kompas.com - 28/12/2019, 17:04 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Seekor bayi badak hitam telah lahir di Potter Park Zoo, Michigan, Amerika Serikat.

Bayi badak tersebut lahir pukul 05.40 waktu setempat dari ibu bernama Doppsee yang berusia 12 tahun, dan ayah bernama Phineus.

Dilansir dari Science Alert, Sabtu (28/12/2019), bayi badak hitam tersebut tampak sehat dan langsung mendekat ke ibunya. Ini adalah kali pertama dari 100 tahun berdirinya Potter Park Zoo, seekor badak hitam lahir di dalamnya.

Badak hitam sendiri tergolong sebagai critically endangered atau terancam punah. Kini hanya ada sekitar 5.000 ekor badak hitam di pedalaman Afrika. Jumlah tersebut meningkat dibanding 20 tahun lalu, di saat jumlah badak hitam hanya tersisa 2.500 ekor di alam liar.

Baca juga: 8 Badak Hitam Mati di Kenya, Apa Sebabnya?

Lahirnya badak hitam tersebut merupakan bagian dari program Association of Zoos and Aquariums (AZA) Species Survival Plan. Kini, ada lebih dari 50 ekor badak hitam dari beberapa kebun binatang anggota dari AZA.

Lahirnya anak badak hitam ini, berdasarkan rilis yang dikeluarkan oleh Potter Park Zoo, merupakan hal krusial dan positif untuk populasi dan keberlangsungan spesies tersebut.

“Ini adalah momen monumental untuk Potter Park Zoo. Kami berdedikasi dalam hal konservasi badak dan tidak bisa lebih bahagia lagi dari kelahiran badak hitam,” tulis rilis tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com