Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/01/2019, 19:01 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Pencarian makhluk luar angkasa terus dilakukan para peneliti hingga saat ini. Bahkan, seorang peneliti terkemuka dari Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI) Institute baru saja meluncurkan alat baru untuk membantu para ilmuwan melacak alien.

Peneliti itu adalah Jill Tarter, yang terinspirasi dari karakter fiksi Ellie Arroway dalam novel "Contact" karya Carl Sagan.

Tarter mengembangkan alat web terbaru yang disebut Technosearch. Basis data yang digunakan adalah semua pencarian alien oleh SETI yang dipublikasikan sejak tahun 1960.

Dalam peluncuran alat baru ini, juru bicara SETI berharap seluruh komunitas akan bekerja sama menjaga technosearch selalu akurat dan mutakhir.

Baca juga: Kaleidoskop 2018: 8 Penelitian Mengenai Alien Sepanjang Tahun

Selain itu, dalam kesempatan yang sama, Tarter juga mengungkapkan bagaimana dia memulai proyek ini.

"Saya mulai menyimpan arsip penelitian ini ketika saya masih menjadi mahasiswa pascasarjana," ungkap Tarter dikutip dari Live Science, Minggu (13/01/2019).

"Beberapa makalah asli dipresentasikan di konferensi atau terbit di jurnal tidak jelas yang sulit diakses oleh pendatang baru di bidang SETI. Saya senang karena kami sekarang memiliki alat yang dapat digunakan oleh seluruh komunitas dan metodologi untuk menjaganya saat ini," imbuhnya.

Sebagai informasi, Technosearch dikembangkan oleh SETI bekerja sama dengan Research Experience for Undergraduate (REU). REU sendiri bekerja di bawah Jason Wright, peneloti bintang dan planet ekstrasurya di Penn State University.

Andrew Gracia, salah satu mantan mahasiswa REU, mengatakan bahwa alat baru itu akan memainkan peran besar dalam SETI.

"Saya menjadi yakin bahwa Technosearch akan menjadi instrumen penting bagi para astronom dan amatir yang tertarik menjelajahi kosmos untuk indikasi peradaban teknologi lainnya," kata Gracia.

Technosearch sendiri telah dirilis pada Rabu (09/01/2019) pada pertemuan the american Astronomical Society ke-223.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com