Viral Foto Gas Air Mata Kadaluarsa, Benarkah Bikin Mata Lebih Perih?

Kompas.com - 25/09/2019, 20:29 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Gas air mata ikut mewarnai unjuk rasa di sekitar Gedung DPR pada Rabu (25/9/2019).

Tembakan gas air mata seringkali digunakan untuk meredam atau membubarkan aksi massa.

Di balik penyemprotan gas air mata yang membuat sejumlah demonstran mengalami luka, beredar foto yang menunjukkan selongsong gas air mata kadaluarsa.

Foto ini terang saja menjadi viral di media sosial Twitter. Banyak warganet yang mempertanyakan efek samping dari gas air mata yang sudah kadaluarsa, salah satunya apakah lebih beracun atau tidak.

Baca juga: Terpapar Gas Air Mata Saat Demo, Adakah Efek Jangka Panjangnya?

Peneliti dan dosen toksikologi dari Departemen Kimia FMIPA Universitas Indonesia (UI) Budiawan menerangkan, bila suatu bahan kimia kadaluarsa artinya fungsi atau manfaat utama dari zat tersebut telah mengalami perubahan.

"Bahan kimia jika kadaluarsa artinya fungsi atau manfaat utama dari zat tersebut telah mengalami perubahan atau oksidasi. Artinya, efektivitas atau manfaatnya berkurang," kata Budiawan kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Rabu (25/9/2019).

Oleh sebab itu Budiawan memastikan, gas air mata yang sudah kadaluarsa semestinya tidak lebih perih karena zat kimianya sudah mengalami perubahan karena teroksidasi secara kimiawi.

Tembakan gas air mata umumnya mengakibatkan rasa perih dan iritasi bila mengenai selaput mata. Gas air mata juga bisa menyebabkan sensasi menyengat pada kulit.

Budiawan menerangkan, efek tersebut disebabkan oleh zat kimia pada gas air mata yang beberapa di antaranya termasuk golongan senyawa kimia aldehyd seperti acrolein dan chlorobenzalonitril (CS).

"Acrolein dan chlorobenzalonitril (CS) efeknya perih atau iritasi di mata," imbuh Budiawan.

Dilansir Hello Sehat, gas air mata juga mengandung chloroacetophenone (CN), semprotan merica, arang, potasium nitrat, silikon, sukrosa, potasium klorat, magnesium karbonat, dan O-Chlorobenzalmalononitrile.