Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Simpel untuk Mudik Aman tapi Lelap dengan Kereta

Kompas.com - 28/05/2019, 19:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu seni mudik adalah melakukan perjalanan panjang demi bisa berkumpul dengan keluarga. Entah itu menggunakan kendaraan pribadi, pesawat, bus, atau kereta.

Karena melakukan perjalanan panjang - tak jarang ada juga yang menghabiskan waktu lebih dari 12 jam -, hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa lelah adalah tidur.

Dalam artikel sebelumnya, telah dibahas bahwa ada tiga faktor lingkungan yang berperan menjaga kualitas tidur penumpang udara yang memilih kelas ekonomi untuk mudik, yakni suhu tubuh, tingkat kebisingan suara, dan cahaya.

Lalu bagaimana dengan pemudik yang memilih jalur darat dan menggunakan transportasi umum seperti kereta? Berikut beberapa tips sebelum mudik yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: Tips Simpel Saat Mudik: Cara Tidur Nyenyak di Pesawat Kelas Ekonomi

1. Pemilihan tempat duduk

Banyak orang mengaku lebih mudah tidur saat duduk di kursi dekat jedela.

Selain alasan bisa melihat pemandangan, posisi ini juga lebih nyaman karena tidak terganggu oleh orang yang lalu lalang, baik penumpang yang akan pergi ke toilet, atau petugas kereta api yang menawarkan makanan serta jasa peminjaman bantal dan selimut.

Selain itu, duduk di dekat jendela juga memberi kita keuntungan, yakni bisa menyandarkan kepala ke dinding kereta dengan leluasa.

2. Amankan barang bawaan

Jika harus mudik seorang diri tanpa kawan dan saudara, hal terpenting yang harus dilakukan adalah menjaga barang bawaan tetap aman.

Meski kereta pada umumnya aman, kita tetap perlu waspada akan adanya pencurian di gerbong kereta.

Untuk itu, lebih baik meletakkan tempat penyimpanan barang berharga di area yang masih terjangkau tangan.

Saat kita memegang kendali atas barang berharga dan dekat jangkauan, kita akan merasa aman, nyaman, dan lebih mudah beristirahat.

Mungkin Anda bisa menggunakan tas kecil seperti tas pinggang untuk menyimpan barang berharga.

Sementara barang berharga yang sudah dimasukkan ke dalam koper atau travel bag, pastikan saat meletakkan ke kabin bagasi bukaan tas tidak menghadap lorong kereta. Untuk lebih memastikan keamanan, Anda bisa menggunakan gembok kunci.

Baca juga: Mudik ke Kota Kembang, Bagaimana Sih Asal Mula Nama Bandung?

3. Gunakan peralatan tidur jika perlu

Sama seperti melakukan perjalanan dengan pesawat, tiga faktor eksternal seperti suhu, cahaya, dan tingkat kebisingan juga berpengaruh pada kualitas tidur di pesawat.

Mengingat lampu di lorong kereta terus menyala selama perjalanan, jangan lupa untuk membawa penutup mata atau kain untuk menghindari cahaya lampu yang terlalu terang.

Kemudian untuk mengurangi suara bising, Anda bisa menggunakan earphone atau headset.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com