Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2019, 20:36 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Pada saat ini, rupa Mars adalah gurun yang tandus. Namun, dahulu tidak demikian.

Miliaran tahun yang lalu, Mars adalah planet yang hangat dan basah. Ia bahkan memiliki satu sistem jaringan sungai dan lembah, menurut sebuah seri foto oleh Badan Antariksa Eropa (ESA).

Kamera beresolusi tinggi yang ada pada Mars Express Orbiter mengambil foto-foto tersebut di pegunungan tinggi selatan Mars, tepatnya di timur kawah Huygens dan utara Hellas.

Untuk diketahui, Huygens adalah kawah besar Mars yang tersohor dan Hellas adalah cekungan terbesar di planet tersebut.

Baca juga: Laporan Cuaca Robot Insight, Mars Membeku Sepanjang Minggu

Selain morfologi sungai yang bercabang seperti pohon (dendritik), terlihat juga rupa Mars yang berkawah-kawah. Area tersebut memang salah satu permukaan tertua Mars dan diperkirakan berusia 3,5-4 miliar tahun.

Dalam siaran persnya, ESA berkata bahwa penampakan pada foto kemungkinan disebabkan oleh air permukaan yang mengalir dengan kuat. Hujan deras juga kemungkinan ikut mengukirnya.

Sayangnya, ESA masih belum mengetahui dari mana asal air. Mereka meyakini bahwa misi-misi saat ini dan masa depan akan bisa menemukan jawabannya.

Misi gabungan antara ESA dan Russia pada tahun depan yang disebut ExoMars, misalnya, akan mengirimkan wahana ke Mars untuk mengebor ke bawah permukaannya dan mencari bukti-bukti adanya kehidupan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com