Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laporan Cuaca Robot Insight, Mars Membeku Sepanjang Minggu

Kompas.com - 25/02/2019, 17:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis


KOMPAS.com - Kalau kita mengeluh beberapa bulan terakhir terasa dingin, setidaknya apa yang dirasakan di Bumi tidak sebanding dengan suhu di Mars.

Belum lama ini wahana antariksa Badan Antariksa AS (NASA) yang bernama Insight Lander mengirim laporan cuaca dari planet merah.

Data Insight Lander melaporkan suhu di Mars minggu ini rata-rata -82 derajat Fahrenheit atau -63 derajat Celsius.

Seperti diberitakan sebelumnya, nama Insight Lander adalah kependekan dari Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy, and Heat Transport.

Baca juga: Rekaman Robot InSight: Begini Suara Angin di Planet Mars

Insight Lander merupakan wahana geologi yang khusus dirancang untuk melakukan penyelidikan dan memahami segala sesuatu yang ada di Mars Mars. Para ahli ingin mengetahui bagaimana struktur Mars, dari inti hingga keraknya.

Wahan riset yang mendarat pada 2.50 WIB Selasa (27/11/2018) dini hari itu sedang menjelajah daerah dekat khatulistiwa Mars yang bernama Elysium Planitia. Di sana wahana Insight Lander memantau cuaca dan mengukur suhu, angin, dan tekanan.

"Insight Lander berada di dekat khatulistiwa Mars, tepat di utara khatulistiwa. Sehingga ia akan merasakan musim dingin Mars," ujar pemimpin misi meteorologi Don Banfield dalam sebuah pernyataan.

Melansir IFL Science, Rabu (20/2/2019), saat ini belahan utara Mars seang ada di puncak musim dingin yang berangin.

"Karena wahana ada di dekat garis khatulistiwa, saya rasa mungkin kita tidak akan melihat badai 60 derajat lintang utara. Namun kita sudah melihat bukti gelombang sinyal tekanan tinggi dan rendah yang menciptakan cuaca di Mars," kata Banfield.

"Kita bisa melihat jejak gelombang di dekat khatulistiwa karena ombaknya yang cukup besar. Ini mengejutkan," imbuhnya.

Banfield menjelaskan, tekanan tinggi dan rendah merupakan indikasi sistem cuaca.

"Dibanding Mars, Bumi sebenarnya sangat kacau. Mars memiliki gelombang sinusoidal (ke atas dan ke bawah) yang hampir sempurna dan halus, juga teratur. Tapi di Bumi, tekanan dipandu oleh gerakan yang hiperaktif dan tidak teratur," paparnya.

Suhu terdingin di Mars biasanya pukul 5.00 pagi, yakni sekitar -139 derajat Fahrenheit atau -95 derajat Celsius.

Sama seperti Bumi, ketika matahari mulai menyinari permukaan Mars suhunya pun akan menghangat menjadi 23 derajat Fahrenheit atau -5 derajat Celsius.

Baca juga: InSight, Robot Geologi NASA Siap Meluncur ke Mars Hari Ini

Selain meramalkan cuaca, Insight Lander juga merekam aktivitas tektonik dan dampak meteorit secara langsung. Wahan aini juga memantau kerak, mantel, dan inti Mars.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com