Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesies Baru Ditemukan, Terjebak di Gua Kanada sejak Zaman Es

Kompas.com - 11/02/2019, 18:32 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis


KOMPAS.com - Mungkin tak salah bila menyebut gua sebagai rumah bagi makhluk aneh Bumi.

Gua bisa mengisolasi makhluk dalam kondisi gelap, lembab, dan melewatkan evolusi. Seperti spesies baru yang ditemukan di gua pulau Vancouver, Kanada.

Spesies baru yang ditemukan adalah jenis artropoda atau serangga primitif yang tak pernah tercatat dalam literatur ilmiah manapun.

Ahli menamainya Haplocampa wagnelli sebagai penghormatan untuk salah satu penulis Craig Wagnell yang telah bertahun-tahun menghabiskan waktu untuk menjelajahi gua di pulau Vancouver.

Baca juga: Paruh Penuh Taring, Spesies Baru Dinosaurus Ini Ditemukan di Inggris

Laporan yang terbit di jurnal Subterranean biology, menggambarkan H. wagnelli sebagai serangga mungil dengan panjang sekitar 3 sampai 6 milimeter.

Ia memiliki lima reseptop penghirup bahan kimia dan tak memiliki pigmen warna.

Menurut perkiraan ahli, H. wagnelli terjebak di gua Pulau Vancouver sekitar 26.000 tahun yang lalu atau sekitar zaman Es Terakhir di mana lapisan es menutupi sebagian besar Amerika Utara, Eropa bagian utara, dan Asia.

Ada dua kemungkinan mengapa makhluk kecil itu terjebak di hua Pulau Vancouver.

Pertama, spesies ini mungkin menyimpang dari kerabat Asianya dan bermigrasi ke pulau Vancouver setelah zaman Es mulai berakhir dan dinding es gua mencair. Kedua, sangat mungkin spesies itu terjebak di sana selama zaman Es.

Ada banyak bukti yang mendukung hipotesis pertama. Apa lagi mengingat spesies itu memiliki beberapa kemiripan dengan spesies lain di seluruh dunia seperti Metriocampa Siberia atau Pacificampa di pulau Jepang dan semenanjung Korea.

Para ahli menduga spesies ini bermigrasi lewat Jembatan Bering Land, jembatan es yang telah mencair dan melintang antara Eurasia dan Amerika Utara sekitar 20.000 tahun lalu, kemudian tinggal di gua pulau Vancouver.

Baca juga: Penemu Beri Nama 3 Spesies Baru Kumbang Sesuai Naga Game of Thrones

Alberto Mocholí ahli ekologi dari Universitas Alcala sekaligus penulis utama studi mengatakan bahwa dugaan selamatnya makhluk dari zaman es terdengar dibuat-buat tapi menarik.

"Keberadaan spesies artropoda primitif di lapisan gua es belum lama ini dapat menyarankan kelangsungan hidupnya. Itu adalah gagasan yang terlalu berani dijabarkan di jurnal ilmiah," kata Mocholí dilansir IFL Science, Jumat (8/2/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com