Spesies Baru Ditemukan, Terjebak di Gua Kanada sejak Zaman Es

Kompas.com - 11/02/2019, 18:32 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Mungkin tak salah bila menyebut gua sebagai rumah bagi makhluk aneh Bumi.

Gua bisa mengisolasi makhluk dalam kondisi gelap, lembab, dan melewatkan evolusi. Seperti spesies baru yang ditemukan di gua pulau Vancouver, Kanada.

Spesies baru yang ditemukan adalah jenis artropoda atau serangga primitif yang tak pernah tercatat dalam literatur ilmiah manapun.

Ahli menamainya Haplocampa wagnelli sebagai penghormatan untuk salah satu penulis Craig Wagnell yang telah bertahun-tahun menghabiskan waktu untuk menjelajahi gua di pulau Vancouver.

Baca juga: Paruh Penuh Taring, Spesies Baru Dinosaurus Ini Ditemukan di Inggris

Laporan yang terbit di jurnal Subterranean biology, menggambarkan H. wagnelli sebagai serangga mungil dengan panjang sekitar 3 sampai 6 milimeter.

Ia memiliki lima reseptop penghirup bahan kimia dan tak memiliki pigmen warna.

Menurut perkiraan ahli, H. wagnelli terjebak di gua Pulau Vancouver sekitar 26.000 tahun yang lalu atau sekitar zaman Es Terakhir di mana lapisan es menutupi sebagian besar Amerika Utara, Eropa bagian utara, dan Asia.

Ada dua kemungkinan mengapa makhluk kecil itu terjebak di hua Pulau Vancouver.

Pertama, spesies ini mungkin menyimpang dari kerabat Asianya dan bermigrasi ke pulau Vancouver setelah zaman Es mulai berakhir dan dinding es gua mencair. Kedua, sangat mungkin spesies itu terjebak di sana selama zaman Es.

Ada banyak bukti yang mendukung hipotesis pertama. Apa lagi mengingat spesies itu memiliki beberapa kemiripan dengan spesies lain di seluruh dunia seperti Metriocampa Siberia atau Pacificampa di pulau Jepang dan semenanjung Korea.

Para ahli menduga spesies ini bermigrasi lewat Jembatan Bering Land, jembatan es yang telah mencair dan melintang antara Eurasia dan Amerika Utara sekitar 20.000 tahun lalu, kemudian tinggal di gua pulau Vancouver.