Paruh Penuh Taring, Spesies Baru Dinosaurus Ini Ditemukan di Inggris

Kompas.com - 04/01/2019, 20:01 WIB
ilustrasi Klobiodon rochei ilustrasi Klobiodon rochei

KOMPAS.com - Para peneliti baru saja menemukan spesies dinosaurus baru yang hidup di zaman Jurassic. Spesies yang termasuk pterosaurus itu punya bentuk tubuh unik, paruhnya berbentuk seperti sayap dengan sayap kasar.

Tak hanya itu, hewan yang dinamai Klobiodon rochei itu memiliki mulut penuh taring.

Nama tersebut diberikan untuk menghormati seniman buku komuk Nick Roche. Dalam karyanya, Riche sering menggambar binatang buas yang punah secara ilmiah.

Reptil terbang tersebut hidup sekitar 166 juta tahun lalu di tempat yang kini adalah Inggris selatan-tengah. Peneliti menemukan spesies baru ini di antara fragmen tulang yang diambil dari lapisan batu tulis sekitar 16 km dari kota Oxford.

Baca juga: Puluhan Jejak Dinosaurus Ditemukan, Masih Bagus dan Kelihatan Kulitnya

"Klobiodon telah dikenal selama berabad-abad, diarsipkan di laci museum dan dilihat oleh lusinan atau ratusan ilmuwan, tetapi maknanya telah diabaikan karena telah dikacaukan dengan spesies lain sejak 1800-an," ungkap Michael O'Sullivan, paleontolog dari Universitas Portsmouth dikutip dari Live Science, Rabu (02/01/2019).

O'Sullivan dan koleganya menyadari bahwa tulang-tulang itu berasal dari spesies baru ketika menyisir lebih dari 200 spesimen dari lapisan batu tulis Inggris. Mulanya mereka hanya bertujuan untuk memasukkan semuanya ke dalam pohon keluarga dinosaurus.

Ciri Khas Klobiodon

Seperti yang sudah disebutkan, Klobiodon memiliki paruh penuh gigi taring. Bahkan para peneliti menjulukinya dengan "gigi kurungan".

Ia mempunyai gigi sepanjang 26 sentimeter yang jika mengatup mirip dengan jeruji kurungan. O'Sullivan mengatakan, ptorosaurus ini kemungkinan berburu ikan dan cumi-cumi.

Dengan fitur giginya itu, ikan dan cumi-cumi akan sulit lolos dari mulut Klobiodon.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X