Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makhluk Misterius Raksasa Terdampar di Pantai Filipina, Apa Itu?

Kompas.com - 16/05/2018, 21:01 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis


KOMPAS.com - Makhluk raksasa berwarna putih dan "berambut" ditemukan terdampar di sepanjang pantai Oriental Mindoro, Mimaropa, Filipina, Jumat (11/5/2018) pukul 19.00 malam waktu setempat.

Hingga saat ini, makhluk yang dipercaya berasal dari lautan dalam itu belum dapat diidentifikasi. Sebab itu, warga menjulukinya sebagai "globster", istilah yang diperuntukkan bagi gumpalan kehidupan laut asing yang tak dikenali dan terdampar di pantai.

Menurut pemberitaan The Sun via Science Alert, Rabu (16/5/2018), banyak warga yang penasaran sekaligus takut melihat penampakan makhluk misterius itu.

Baca juga: Zona Laut Baru Ditemukan, Isinya Ikan-ikan Misterius

"Saya belum pernah melihat hal seperti ini. Banyak anak-anak takut dan mengira ini adalah monster mati. Tak ada yang tahu," ujar salah satu warga setempat, Imelda Mariz diwawancarai The Sun.

Tak hanya wujudnya saja yang mengerikan, makhluk dengan panjang sekitar 20 meter ini juga disebut memiliki bau busuk yang menyengat.

"Baunya mengerikan, seperti sesuatu dari planet lain," kata petuhas penegak hukum perikanan Vox Krusada, yang bertugas menyelidiki makhluk asing itu.

"Saat saya mengambil sampel jaringan, saya harus benar-benar menahan bau. Rasanya seperti ingin muntah, bahkan setelah mandi bau busuk itu masih tercium," sambung Krusada.

Menurut Krusada, pemerintah setempat berencana menguburkan bangkai makhluk misterius itu dan mengirim sampel jaringannya ke laboratorium untuk analisis DNA.

Baca juga: 7 Makhluk Ini Harusnya Tak Bisa Terbang, Apa Rahasia Mereka?

Dugaan sementara, makhluk ini adalah sejenis paus yang membusuk dan mereka tidak mengetaui hewan ini tergolong spesies paus yang mana.

Spekulasi ini berdasar pengalaman masa lalu, di mana setahun lalu ada beberapa makhluk aneh yang terapung di garis pantai Filipina dan terungkap bahwa itu adalah paus.

Untuk memastikan apakah makhluk ini sama seperti makhluk yang terdampar setahun lalu, mari kita tunggu hingga hasil analisis DNA keluar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com