Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Waspadai Ledakan Populasi Tikus akibat Perubahan Iklim

Kompas.com - 07/11/2018, 07:06 WIB
Bhakti Satrio Wicaksono,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Sumber Newsweek

KOMPAS.com – Perubahan iklim ternyata tidak hanya berdampak pada bentang alam kita, tetapi juga dapat menyebabkan ledakan populasi tikus.

Para ilmuwan telah memperkirakan kenaikan suhu secara global sebesar 2 derajat celcius pada akhir abad ini. Peningkatan suhu ini rupanya memberikan kondisi berkembang biak paling subur bagi tikus.

Bobby Corrigan, seorang pakar tikus dari Cornell University, menjelaskan bahwa hewan pengerat seperti tikus memiliki masa kehamilan yang sangat cepat, yaitu 14 hari. Tikus juga hanya membutuhkan waktu satu bulan setelah dilahirkan untuk bereproduksi.

Ini artinya, satu tikus hamil dapat menghasilkan 15.000 hingga 18.000 tikus baru dalam waktu kurang dari satu tahun.

Baca juga: Radiasi Ponsel Terbukti Picu Kanker pada Tikus, Berlaku untuk Manusia?

Ini bukan peringatan pertama. Para ahli, mulai dari pakar pengerat hingga ahli biologi, telah mewaspadai efek perubahan iklim terhadap lonjakan reproduksi hewan pengerat.

Pasalnya, tikus terkenal dengan kemampuannya untuk menularkan berbagai penyakit, seperti pes atau sampar, leptospirosis, diare, demam, hingga keracunan makanan. Bahkan, kuman penyakit di kotoran tikus yang mengering mampu menyebar dan menempel pada makanan rumah.

Penyakit-penyakit di atas bisa berdampak pada kematian. Sebagai contoh, pada tahun 2011, 13 orang warga Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, meninggal akibat leptospirosis. Kemudian pada tahun 2016, sudah ada 40 kasus warga Jakarta yang menderita leptospirosis.

Baca juga: Diutak-atik Gennya, Pasangan Tikus Sesama Jenis Akhirnya Punya Bayi

Namun, bencana ini sudah dimulai. Di Amerika, panggilan ke layanan pengendalian hama mengalami peningkatan hingga lebih dari 60 persen. Kemudian, beberapa kota di Selandia Baru menjadi pusat perkembangan biak yang subur bagi tikus karena mereka mengalami salah satu musim panas terpanas dalam sejarah.

“Di beberapa tempat, kita melihat peningkatan sepuluh kali lipat dalam populasi hewan pengerat," kata Dr Graeme Elliott, dari Departemen Konservasi Selandia Baru, seperti yang diberitakan News Week pada Minggu (04/11/2018).

Kita telah memiliki pengalaman di mana populasi burung punah akibat jumlah tikus yang tinggi. Jadi, hal-hal yang mengerikan dapat terjadi dan kita mungkin akan melihat yang terburuk di musim semi berikutnya ketika burung bersarang lagi,” imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com