Batu Bata dari Urine Manusia: Hemat Biaya dan Ramah Lingkungan

Kompas.com - 28/10/2018, 11:43 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Editor

KOMPAS.com - Para peneliti telah menemukan cara untuk membuat batu bata secara berkelanjutan atau ramah lingkungan dari air seni atau air kencing manusia.

"Bio-bata" dibuat dengan mencampur pasir dengan bakteri yang menghasilkan urase. Urase sendiri adalah enzim yang memecah urea dalam urin sementara pada saat yang sama menghasilkan kalsium karbonat.

Ketika dicampur, hasilnya adalah batu bata yang sama dengan batu kapur. Bedanya, kekuatan bio-bata ini bisa diatur tergantung pada seberapa lama bakteri dibiarkan tumbuh.

"Semakin lama Anda mengizinkan bakteri kecil untuk membuat semen, semakin kuat produk yang akan dihasilkan. Kami bisa mengoptimalkan proses itu," kata penulis utama penelitian ini, Dyllon Randall, dalam penjelasan yang dirilis oleh University of Cape Town.

Konsep Berkelanjutan

Sebagian besar batu bata yang dibuat di seluruh dunia masih berasal dari proses yang belum sempurna. Apalagi, untuk mengeringkannya, batu bata harus dibakar menggunakan alat pengering pada suhu 1,400 derajat Celcius.

Pembakaran itu menghasilkan banyak karbon dioksida. Meski begitu, proses ini menghasilkan limbah nol, karena produk sampingannya adalah unsur nitrogen dan kalium yang digunakan dalam pupuk komersil.

"Yang kami lakukan terakhir adalah mengambil produk cair yang tersisa dari proses bio-bata dan membuat pupuk kedua," kata Dr Randall.

Menghemat Biaya

Dr Randall mengatakan prosesnya, yang dikenal sebagai presipitasi karbonat mikrobial, mencerminkan "cara yang sama seperti terumbu karang terbentuk di lautan".