Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 2 Jenis Buaya yang Ada di Kolong Jembatan Mangga Dua

Kompas.com - 11/10/2018, 18:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai perkotaan padat penduduk, tak heran kalau warga Jakarta heboh saat mendengar ada sarang buaya di Kali Anak Ciliwung, tepatnya di kolong jembatan menuju Mal Mangga Dua Square.

Tak tanggung-tanggung, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta menyebut ada tiga ekor buaya yang tinggal di sana.

Petugas BKSDA DKI Jakarta Ismed mengatakan, tiga ekor buaya yang bersarang di kolong jembatan itu terdiri dari dua jenis berbeda, yakni buaya muara dan buaya senyulong.

"Jenisnya, dari pengamatan gambar ada tiga ekor. (Jenisnya) yang satu buaya muara, yang satu buaya senyulong. Buaya senyulong itu langka," kata Ismed kepada Kompas.com.

Lantas, apa bedanya buaya muara dengan buaya senyulong yang disebut bukan berasal dari pulau Jawa?

Baca juga: Dua Jenis Buaya Ditemukan di Kali Anak Ciliwung, Ahli Reptil Bingung

Herpetolog (ahli reptil) dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Amir Hamidy mengatakan bahwa kedua jenis buaya itu sangat berbeda. Tidak hanya bentuknya yang beda, tetapi juga habitatnya.

Buaya muara (Crocodylus porosus)

Ilustrasi buaya muara (Crocodylus porosus) Ilustrasi buaya muara (Crocodylus porosus)
Buaya muara (Crocodylus porosus) hidup di perairan, baik di air tawar maupun air laut. Wilayah persebarannya luas, mulai dari Sabang sampai Merauke, termasuk negara di luar Indonesia.

Karena persebaran yang sangat luas dan mampu berkembang biak dengan baik, buaya muara adalah satu-satunya jenis buaya yang hidup di pulau Jawa.

Buaya muara merupakan jenis buaya terbesar di dunia, dengan panjang bisa mencapai enam meter.

Amir menuturkan, bila buaya panjangnya sudah mencapai lima sampai enam meter, artinya buaya tersebut sudah hidup sekitar 30 sampai 40 tahunan, atau bahkan lebih.

Bobot tubuhnya bisa mencapai ratusan kilogram dan dikenal sebagai buaya yang jauh lebih besar dari Buaya Nil (Crocodylus niloticus) dan Alligator Amerika (Alligator mississipiensis).

Buaya muara tidak hanya besar. Reptil dengan ciri khas sisik tidak menonjol di bagian kepala hingga leher ini juga kerap beradu konflik dengan manusia.

"Selama ini konflik paling banyak dengan buaya ini," ujar Amir.

Mereka bisa menerkam dan menelam manusia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com