13 Bintang Invasi Bimasakti, Apa yang Sedang Terjadi di Semesta Kita?

Kompas.com - 08/10/2018, 19:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah penelitian mengungkap adanya 13 bintang yang sedang menginvasi Bimasakti dengan kecepatan tinggi. Ilmuwan menyebutnya hypervelocity star.

Menurut studi yang diterbitkan di Royal Astronomical Society tersebut, bintang-bintang itu bergerak dengan kecepatan 700 km/detik.

Tommaso Marchetti dari Universitas Leiden dan timnya menemukan peristiwa invasi bintang "alien" itu ketika menganalisis data satelit Gaia milik Badan Antariksa Eropa (ESA).

Dalam analisis itu, ada 20 bintang yang menarik. Tujuh bintang bergerak cepat menjauhi Bimasakti. Ini fenomena biasa. Memang ada bintang-bintang yang cenderung lari ke luar.

Yang unik adalah 13 bintang lainnya. "Bukannya terbang menjauhi pusat Galaksi, sebagian besar bintang hipercepat ini justru melaju ke arahnya," katanya.

"Ini artinya mereka merupakan bintang dari galaksi lain dan bergerak dengan cepat ke arah Bima Sakti," imbuhnya seperti dikutip Livescience, Minggu (7/10/2018).