Hari Kopi Internasional, Begini Manfaat Kesehatan dari Konsumsi Kopi

Kompas.com - 01/10/2018, 12:30 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - 1 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Kopi Internasional. Peringatan ini ditujukan sebagai satu perayaan bagi pecinta kopi di seluruh dunia.

Meski telah menjadi minuman paling populer di dunia. Kontroversi kopi seakan tak ada habisnya, terutama terkait dampak kesehatan bagi manusia.

Namun, beberapa penelitian menegaskan sejumlah manfaat kesehatan dari meminum kopi. Berikut Kompas.com merangkumnya untuk Anda.

1. Lindungi Jantung

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS Biology pada Juni 2018 menyebut bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang bisa melindungi jantung.

Penelitian ini menggunakan standar empat cangkir kopi per hari. Mereka memberikan dosis kopi tersebut kepada tikus selama 10 hari sebelum memicunya dengan serangan jantung pada hewan pengerat itu.

Hasilnya, sel-sel pada tikus yang mendapat kafein memperbaiki kerusakan serangan jantung lebih baik daripada tikus yang tidak mendapat kafein.

Baca selengkapnya: Temuan Baru: Konsumsi Kopi Dapat Lindungi Jantung

2. Hidup Lebih Lama

Dalam makalah yang terbit di jurnal JAMA Internal Medicine, Senin (2/7/2018), minum kopi dikaitkan dengan tingkat kematian yang lebih rendah.

Kesimpulan tersebut didapat setelah para peneliti dari National Cancer Institute memeriksa 498.134 data kependudukan dan kesehatan warga Inggris, Skotlandia, dan Wales yang berusia antara 38 sampai 73 tahun.

Data yang diamati selama satu dekade menunjukkan tiga perempat peserta merupakan peminum kopi.

"Kami menemukan, orang yang minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari memiliki 12 persen risiko kematian yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak minum kopi," kata Erikka Loftfield, dilansir NPR Senin (2/7/2018).

Baca selengkapnya: Bukti Baru, Peminum Kopi Mungkin Bisa Hidup Lebih Lama

3. Cegah Kanker

Manfaat lain dari konsumsi kopi adalah berkurangnya risiko kanker. Hal ini berkaitan dengan senyawa aktif dalam minuman populer tersebut.

Ratusan senyawa aktif biologis termasuk kafein, flavonoid, lignan, dan polifenol lainnya ditemukan dalam kopi.

"Senyawa kopi ini dan lainnya terbukti meningkatkan pengeluaran energi, menghambat kerusakan sel, mengatur gen yang terlibat dalam perbaikan DNA, memiliki sifat anti-inflamasi dan/atau menghambat metastasis, di antara kegiatan lainnya,” tulis American Cancer Society.