Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Seperti di Kartun, Anjing dan Kucing Bukan Musuh Bebuyutan

Kompas.com - 25/07/2018, 17:10 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Anjing dan kucing dikenal memiliki hubungan yang antagonistik. Hal ini menginspirasi banyak kartun dan film. Bahkan, dua orang yang sering bertengkar disebut memiliki hubungan seperti anjing dan kucing.

Namun, nyatanya tidak demikian.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Veterinary Behaviour, para peneliti University of Lincoln mencoba untuk mempelajari hubungan anjing dan kucing yang tinggal dalam satu rumah.

Menurut para peneliti, ketika hewan peliharaan yang berbeda spesies hidup bersama, koeksistensi yang damai sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan hewan.

Baca juga: Bukti Baru, Anjing Dapat Memahami Perasaan Manusia

Sophie Hall, salah satu penulis studi, mengatakan, kita ingin mengetahui apa yang membuat anjing dan kucing dapat hidup berdampingan. Mereka sering kali digambarkan sebagai musuh bebuyutan, tetapi nyatanya tidak selalu begitu.

Survei online terhadap 748 pemilik rumah di Inggris Raya, Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Eropa menunjukkan bahwa 80 persen hewan peliharaan dapat hidup berdampingan. Sementara itu, tiga persen lainnya berkata bahwa anjing dan kucing mereka tidak akur.

Menariknya, kucing ditemukan lebih sering bersifat antagonis daripada anjing. Mereka tiga kali lebih mungkin menantang anjing daripada sebaliknya, dan 10 kali lebih sering melukai lawannya.

Dalam eksperimen yang dilakukan partisipan, lebih dari seperlima anjing mengambil mainan untuk menunjukkan ke teman kucingnya, sedangkan kucing hanya enam persen yang melakukan hal serupa.

Baca juga: Ahli Buktikan Anjing Mungkin Lebih Rasional Dibanding Manusia

Perbedaan ini, menurut Hall dan kolega, mungkin karena domestikasi.

Dalam sejarahnya, anjing jauh lebih lama didomestikasi daripada kucing, sehingga mereka lebih mudah untuk mengontrol perilakunya dan dilatih oleh manusia. Sebaliknya, kucing lebih sering berada dalam posisi yang tidak menguntungkan sehingga butuh lebih sering diyakinkan.

“Lebih mudah bagi anjing untuk merasa bahagia di sekitar kucing, daripada bagi kucing untuk merasa bahagia di sekitar anjing,” ujar Hall.

Namun demikian, bukan berarti Anda tidak boleh memiliki anjing dan kucing dalam satu rumah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor terpenting adalah usia kucing ketika pertama kali tinggal dengan anjing.  Semakin muda kucing, idealnya di bawah satu tahun, semakin besar kemungkinannya untuk hidup damai dengan anjing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com