Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Lubang Raksasa di Selandia Baru, Ini Sebabnya

Kompas.com - 08/05/2018, 19:33 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Baru-baru ini muncul sinkhole raksasa di Selandia Baru. Sinkhole adalah lubang di tanah yang terbentuk secara tiba-tiba.

Saking besarnya sinkhole yang muncul, tak salah jika sinkhole di Selandia Baru itu disebut sebagai salah satu sinkhole terbesar. Ukuran panjangnya saja mencapai dua kali lapangan sepak bola.  

Ahli gunung berapi Selandia Baru Brad Scott mengatakan kepada media setempat, sinkhole ini adalah lubang terbesar uang pernah dilihatnya. Ia menduga ukuran sinkhole ini berpotensi lebih besar.

Sinkhole yang ada di North Island, Selandia Baru itu terbentuk setelah kawasan tersebut diguyur hujan lebat. Penampakan ini pertama kali diketahui seorang peternak sapi saat sedang mengumpulkan sapi dan nyaris jatuh ke dalam lubang saat mengendarai sepedanya.

Baca juga : Selamat Datang di Lubang Terdalam Bumi

Dilansir National Geographic, Senin (7/5/2018), ini bukanlah Sinkhole pertama yang muncul di Selandia Baru. Beberapa tahun sebelumnya sudah ada sembilan sinkhole.

Selandia Baru memiliki beberapa garis patahan utama dan sinkhole lebih mungkin muncul di dekat garis patahan.

Sinkhole terbaru ini muncul di atas medan batu apung, di mana tanah rawan ambruk.

Sinkhole di Selandia Baru

Menurut survei Geologi AS , sinkhole muncul saat air tanah tidak mengalir di permukaan dan menghancurkan batu di bawahnya.

Batu kapur dan ladang garam adalah lahan yang paling sering menjadi tempat munculnya sinkhole ini.

Sinkhole yang baru muncul di Selandia Baru memiliki dinding vertikal tinggi yang membuatnya terlihat seperti Grand Canyon, sementara sinkhole lain bentuknya bulat seperti mangkuk.

Bila air mengikis tanah di bawah sinkhole terus menerus dari waktu ke waktu, pada akhirnya tanah yang ada di atasnya akan longsor.

Baca juga : Mungkinkah Ada Sesar Sumber Gempa di Bawah Tanah Jakarta?

Menurut situs web USGS, beberapa negara bagian di AS seperti Florida, Texas, Alabama, Missouri, Kentucky, Tennessee, dan Pennsylvania memiliki tekstur tanah yang sangat mungkin dapat membuat sinkhole.

Selain kondisi tanah, sinkhole juga bisa disebabkan oleh pengembangan lahan manusia. Kegiatan seperti konstruksi dan pemompaan air tanah dapat membuat tanah kurang stabil dan membuat kemunculan sinkhole lebih mungkin terjadi.

Seluruh wilayah di dunia dengan tanah yang mudah larut dapat berpotensi mengembangkan sinkhole.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com