Bertahan 400 Tahun, Badai Raksasa Jupiter Bakal "Mati" Tak Lama Lagi

Kompas.com - 20/02/2018, 21:17 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Yunanto Wiji Utomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wahana ruang angkasa Juno berhasil masuk ke orbit planet Jupiter dan memotret bintik merah raksasa di planet itu.

Berdasarkan pengamatan wahana milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) itu, ukuran bintik raksasa itu ternyata mengecil.

Foto tersebut diambil pada Juli 2017 dan merupakan gambar paling dekat dan detail yang pernah terekam hingga saat ini.

Bintik merah raksasa di Jupiter merupakan badai yang ukurannya tiga kali lebih besar dari ukuran Bumi.

Sebagian ilmuwan meyakini badai tersebut terjadi sekitar tahun 1600-an, meskipun sebagian ilmuwan meragukannya.

Badai John adalah badai terbesar yang pernah ada di Bumi dan hanya berlangsung 31 hari, bandingkan dengan badai di Jupiter yang terjadi kurang lebih selama 400 tahun.

Glenn Orton menjelaskakan alasannya bahwa adanya dua aliran gas yang berlawanan arah membuat badai di Jupiter menjadi stabil dan lama.

"Sesungguhnya tidak semua badai berlangsung lama. Bintik merah raksasa itu seperti roda pemintal yang berputar terus dan terbentuk antara dua sabuk berjalan yang bergerak berlawanan arah sehingga membuat GRS stabil dan berumur panjang," kata Orton yang juga menjadi pemimpin misi Juno kepada Business Insider, Minggu (18/2/2018)