Kompas.com - 08/01/2018, 22:04 WIB
Juno, pesawat ruang angkasa NASA yang mengorbit di Jupiter Juno, pesawat ruang angkasa NASA yang mengorbit di Jupiter

KOMPAS.com -- Juno, satu-satunya wahana antariksa tanpa awak milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang mengorbit di Planet Jupiter sudah menyelesaikan misi perjalanan berkecepatan tinggi kesepuluhnya pada Sabtu (16/12/2017).

Juno terbang dengan kecepatan hingga 130.000 moh (209.000 km/jam) dan dalam posisi yang relatif dekat dengan Jupiter.

Dari jarak tersebut, pesawat antariksa senilai 1 miliar dolar AS itu berhasil mengambil potret keelokan Jupiter dengan JunoCam. Selama mengorbit selama 53,5 hari, yang disebut perijove, JunoCam mengambil foto terbaru Jupiter.

Untuk mendapatkan foto-foto terbaru Jupiter, tentu butuh waktu yang tidak sebentar. Setidaknya para ilmuwan NASA garys menunggu selama berminggu-minggu untuk melihat hasilnya. Namun, penantian itu sangat sepadan dengan potret yang dihasilkan.