Kompas.com - 11/12/2017, 09:05 WIB
Cacing genus Polypheretima http://taibif.twCacing genus Polypheretima
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com – Minimnya publikasi diversitas cacing tanah membuat Fahri “gerah”. Dosen Jurusan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah, itu menyakini masih banyak biodiversitas cacing tanah yang belum diungkap.

Meski telah ada peneletian terdahulu, hanya tiga artikel terkait yang menguluas empat cacing tanah genus Polypheretima di Sulawesi.

Spesies tersebut antara lain P. elongata (Perrier, 1872) di tenggara Sulawesi; P. everetti (Beddard & Fedarb, 1895) di utara dan barat Sulawesi; P. phacellotheca (Michaelsen, 1899) di timur laut Sulawesi; dan P. stelleri (Michaelsen, 1891) di Sulawesi, lembah Bone dan Matinang (Easton, 1976, 1979).

“Karena tidak mungkin cuma empat jenis. Sedangkan vertebrata bertubuh besar, monyet jenis Macaca ada tujuh jenis di Sulawesi. Harusnya (cacing tanah) 10-100 kali lipat jumlah jenisnya dari Macaca karena ukuran tubuhnya yang kecil,” kata Fahri saat dihubung, Sabtu (10/12/2017).

Penelusuran biodiversitas cacing tanah Polypheretima dilakukan Fahri bersama mahasiswanya, Rizki Amaliah, dosen Jurusan Biologi Universitas Tadulako Annawaty, dan Anh D. Nguyen dari Institut Ekologi dan Sumber Daya Hayati, Akademi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Vietnam.

Penelitian tersebut didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, melalui hibah penelitian kerjasama antar perguruan tinggi tahun 2017.

Lokasi penelitian di perkebunan kakao dan pekarangan di Desa Tangoa, hutan sekunder dekat Danau Kalimpa di Taman Nasional Lore Nidu, hutan sekunder di Cagar Alam Pangi Binangga, Desa Ogotumubu, Desa Margapura, di Sulawesi Tengah.