Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/01/2018, 16:39 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Super blue blood moon atau Gerhana Bulan Total (GBT) Perige siap menyapa bumi kita dalam beberapa jam.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan GBT Perige akan dimulai pada pukul 17.50 WIB, mencapai puncaknya sekitar pukul 20.30 WIB, dan berakir sekitar pukul 23.10 WIB.

Kunci untuk dapat melihat fenomena trifecta nanti malam adalah langit yang cerah.

Baca juga : Begini Prakiraan Cuaca Saat Super Blue Blood Moon 31 Januari 2018

Sayangnya, BMKG justru meramalkan bahwa malam ini langit tidak terlalu berpihak di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Dalam pemberitaan Kompas.com sebelumnya diberitahukan bahwa daerah Jakarta dan sekitarnya akan terjadi hujan lokal nanti malam dengan suhu berada di antara 24 sampai 31 Celsius.

Memang, tadi pagi keenam kawasan di Jakarta yang meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu cerah berawan. Namun perubahan cuaca mulai terjadi sejak siang hingga malam hari.

Nanti malam, BMKG meramalkan akan terjadi hujan lokal di kawasan Jakarta Pusat dan Jakarta Barat. Sementara itu akan terjadi hujan ringan di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Hanya kawasan Jakarta Utara yang cerah berawan dan sayangnya kawasan kepulauan seribu mengalami hujan sedang.

Prakiraan cuaca Jakarta dan Sekitarnya saat terjadi GBT Pirage, rabu (31/1/2018) Prakiraan cuaca Jakarta dan Sekitarnya saat terjadi GBT Pirage, rabu (31/1/2018)
Tak jauh berbeda dari Jakarta, daerah lain yang ada di sekitar Jakarta juga diramalkan akan mengalami hal yang sama. Dapat di lihat dalam infografis di atas, BMKG meramalkan Bekasi dan Depok akan ditutup awan sebanyak 62 persen dan terjadi hujan ringan.

Sementara di daerah Tangerang, BMKG meramalkan ada tutupan awan sampai 75 persen dan berawan tebal. Kemudian nanti malam kota Bogor akan ditutupi awan 37 persen dan diramalkan terjadi hujan lokal.

 Baca juga : Selain Super Blue Blood Moon, Ini yang Akan Terlihat di Langit Nanti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com