Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/01/2018, 09:46 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Penulis

Sumber kompas.com

KOMPAS.com — Selain fenomena super blood blue moon, sejumlah benda langit akan menghiasi malam 31 Januari 2018.

Astronom dari Jogja Astro Club, Mutoha Arkanuddin, menjelaskan, apabila langit cerah, seluruh wilayah di Indonesia dapat menyaksikan sejumlah benda langit selain super blood blue moon.

"Saat fase gerhana sebagian, langit akan terang oleh cahaya bulan yang membuat bintang-bintang dengan magnitudo besar bisa kita lihat. Di bagian langit sisi timur, kita bisa lihat Sirius, si bintang paling terang. Lalu, Pollux-Castor bintang di rasi Gemini, Canopus, Capella juga Aldebaran," kata Mutoha, Selasa (30/1/2018).

Mutoha juga menambahkan bahwa rasi Orion atau Waluku juga terlihat dengan formasi bingtangnya 2-3-2, artinya 3 bintang, yaitu Mintaka-Alnilam-Alnitak, diapit 2 bintang di sebelah kiri Bellatrix-Betegeuse dan 2 bintang di kanan Rigel-Saiph.

Sementara itu, jumlah bintang di langit barat tak banyak yang bisa dilihat karena pengaruh cahaya bulan. 

Baca Juga: Mengapa Ada 2 Super Moon pada Januari 2018? Ini Penjelasannya

Puncaknya akan terjadi saat fase gerhana total. Bulan akan berwarna gelap kemerahan dengan latar belakang langit yang gelap.

"Bintang-bintang yang tadinya tak terlihat akan menampakkan diri saat fase total terjadi. Bahkan, Milkyway atau sabuk Galaksi Bimasakti akan terlihat di atas posisi bulan membentang dari selatan ke utara melewat rasi Orion,"kata Mutoha.

Menurut Mutoha, pencinta astronomi tentu tidak akan melewatkan momen untuk mengabadikan Bimasakti dengan dihiasi fenomena blood moon itu.

Baca Juga: "Super Blue Blood Moon" di Langit Indonesia, Catat Waktu dan Tempatnya

Diberitakan Kompas.com, Senin (29/1/2018), gerhana bulan akan mulai terjadi pada pukul 17.49 dan masuk gerhana total pada 19.51. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 20.29 dan gerhana total berakhir pada pukul 21.08. Total durasi gerhana berlangsung 5 jam 20,2 menit.

Berdasarkan keterangan dari BMKG, visibilitas gerhana bulan selama lebih dari 5 jam itu hanya akan terlihat di beberapa daerah, antara lain di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, hingga bagian barat Jawa Timur dan bagian timur Jawa Tengah serta sedikit daerah di Kalimantan Barat. Di luar daerah tersebut, proses gerhana bulan dapat diamati pada fase gerhana bulan penumbra atau pada pukul 18.48.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber kompas.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com