Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Piet Hitam, Sahabat Sinterklas yang Kontroversial?

Kompas.com - 24/12/2017, 17:06 WIB
Dani Prabowo,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Kompas.com - Siapa yang tak kenal Sinterklas. Karakter tersebut begitu dinanti oleh anak-anak, terutama pada saat malam Natal.

Namun, tahukah Anda bahwa Sinterklas juga punya teman setia yang bernama Zwarte Piet atau Piet Hitam.

Di Belanda, tempat asal tradisi Sinterklas, sosok Piet Hitam dikenal sebagai pembantu Sinterklas ketika membagi-bagikan hadiah kepada anak-anak.

Meski begitu, Piet Hitam juga diceritakan sebagai sosok yang suka “menjewer” anak-anak nakal lalu membawanya pergi hingga ke Spanyol.

Tak seperti Sinterklas yang dipercaya sebagai gambaran uskup Khatolik dari Myra abad ke-3, asal usul Piet Hitam justru masih jadi misteri.

Kini, karakter dengan wajah hitam itu justru banyak ditentang karena dinilai sebagai representasi dari rasisme.

Baca juga : Ternyata Santa Klaus dan Sinterklas Berbeda, Kok Bisa?

Asal-usul

Profesor Joke Hermes dari Inholland University, meyakini bahwa sosok Piet Hitam yang ada saat ini, dipopulerkan di dalam buku anak-anak pada pertengahan abad ke-19 yang ditulis oleh seorang penulis sekaligus guru sekolah, Jan Schenkman.

Keyakinan Hermes itu dikutip Rodenberg dan Wagenaar, dosen di Departemen Administrasi Publik dan Ilmu Politik Universitas Vrije Amsterdam, dalam laporannya yang bertajuk Essentializing ‘Black Pete’: competing narratives surrounding the Sinterklas tradition in the Netherlands.

Banyak narasi seputar asal usul Piet Hitam, namun Rodenberg dan Wagenaar mengerucutkanya menjadi dua, yaitu pro dan kontra.

Pertama, narasi pro Piet Hitam yang menempatkan tradisi Sinterklas dalam konteks Katolik pada abad pertengahan sebagai bagian dari pesta untuk anak-anak.

Sinterklas diceritakan selalu hadir ditemani pembantunya yang dalam beberapa kasus, memiliki warna kulit yang gelap. Teman-teman Sinterklas itu juga digambarkan sebagai sosok setan atau bukan manusia.

Lantaran hal ini pula, sosok Sinterklas dibeberapa negara justru dipasangkan dengan sosok jahat yang salah satunya adalah Krampus, makhluk seram bertanduk.

Baca juga : Sinterklas Nyata, Arkeolog Klaim Temukan Makamnya

Adapula narasi pra-Kristen. Asal usul sosok Piet Hitam ditelusuri hingga masa pra-Kristen di Eropa. Narasi ini menyebut Piet Hitam sebagai bagian dari tradisi lama Eropa, termasuk di negara-negara yang tidak memiliki koloni.

Narasi lainnya menyatakan bahwa sosok Piet Hitam sebenarnya adalah gambaran dari Zwarte Klazen atau Sinterklas Hitam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com