Penting buat Orangtua untuk Tatap Mata Bayinya, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 03/12/2017, 14:56 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Penulis

KOMPAS.com — Meski bayi belum mengerti apa pun,  otaknya dengan cepat dapat menangkap segala informasi.

Bila Anda orangtua baru, jangan lupa untuk menatap bayi Anda saat mengajaknya berbicara atau bercanda. Sebab, hal ini sangat berpengaruh pada tumbuh kembangnya.

Menurut penjelasan ilmuwan, tatapan mata orangtua yang ditangkap bayi dapat berpengaruh pada gelombang otak yang selaras. Dari penelitian terbaru, keselarasan gelombang otak akan menunjang kemampuan belajar dan berbicara si kecil.

Dikutip dari Science Daily, Rabu (29/11/2017), gelombang otak mencerminkan tingkat aktivitas dari jutaan neuron dan terlibat dalam proses transfer informasi antar bagian di otak.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa ketika dua orang dewasa berbicara satu sama lain, komunikasi lebih berhasil jika gelombang otak mereka selaras.

Apakah itu terjadi antara orangtua dan bayinya?

Saat orangtua berinteraksi dengan bayinya, banyak perilaku dapat diselaraskan, misalnya pandangan mata, emosi, dan detak jantung mereka. Namun, baru sedikit penelitian yang mengungkap apakah aktivitas otak mereka juga akan selaras apabila saling bertatapan mata.