Kompas.com - 11/11/2017, 21:36 WIB
Monika Novena

Penulis

KOMPAS.com - Studi terbaru yang dilakukan peneliti dari Universitas Tohoku di Jepang menggambarkan jika kepunahan dinosaurus sebenarnya adalah faktor ketidakberuntungan semata. Kok bisa?

Kepunahan massal terjadi karena asteroid menghantam wilayah di bumi yang mudah terbakar. Menurut kalkulasi yang dilakukan oleh Kunio Kaiho dan Naga Oshima, peneliti yang terlibat dalam studi tersebut, hanya ada 13% wilayah di Bumi yang berpotensi mudah terbakar. Termasuk didalamnya adalah Semenanjung Yucatan yang menjadi lokasi jatuhnya asteroid pada zaman Jura.

Studi yang sudah dipublikasikan dalam jurnal Scientific Report ini membeberkan, 13 persen permukaan bumi yang mudah terbakar itu menyimpan deposit hidrokarbon dalam jumlah yang banyak. Kandungan hidrokarbon ini mampu menghasilkan jelaga dalam jumlah besar sehingga cukup untuk menyebabkan kepunahan massal.

"Jika asteroid tersebut mencapai daerah hidrokarbon tingkat rendah sampai menengah di bumi, menempati sekitar 87 persen permukaan bumi, kepunahan massal tidak mungkin terjadi," kata Kaiho dikutip dari Livescience, Kamis (9/11/2017).