Kenapa Tokek Bisa Regenerasi Bagian Tubuh tetapi Manusia Tidak?

Kompas.com - 02/11/2017, 21:56 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Manusia cenderung menganggap dirinya sebagai makhluk yang unggul. Tapi benarkah hal tersebut?

Dalam berbagai hal, manusia sering kalah unggul dengan hewan maupun tumbuhan. Contohnya dalam hal regenerasi organ.

Manusia kalah unggul dengan hewan seperti tokek, ikan zebra, dan juga salamander. Mereka mampu menggantikan anggota tubuh yang hilang dalam waktu relatif singkat.

"Bagi banyak ilmuwan, ini adalah bentuk akhir dari regenerasi spesies," kata Matthew Vickaryous, seorang ahli biologi perkembangan dikutip dari Popular Science, Kamis (2/11/2017).

Baca juga: Tak Mau Dimangsa, Tokek Ini Menguliti Dirinya Sendiri

Ada sesuatu tentang tokek leopard yang menarik perhatian Vickaryous.

Pertama, tokek menyimpan banyak saraf tulang belakang pada ekornya. Kedua, ketika hewan ini bertemu dengan predator, ia akan melepaskan ekornya tanpa banyak usaha.

Kedua hal inilah yang membuat tokek leopard sangat menarik dan mudah dipelajari.

"Kita hanya memberikan mereka sebuah cubitan pada ekornya dan ekor itu akan putus sendiri," kata Vickaryous yang bekerja di University of Guelph, Kanada.

Apalagi, begitu mereka kehilangan ekornya, tokek dapat menumbuhkannya kembali dalam waktu sekitar sebulan. Waktunya cukup cepat, mengingat manusia membutuhkan waktu lebih dari satu dekade untuk mencapai tinggi maksimalnya saat dewasa.

Berdasarkan penelitian sebelumnya tentang regenerasi spesies, para ilmuwan menduga beberapa jenis sel punca (induk) terlibat.

Sel induk pada dasarnya adalah papan tulis kosong yang dapat berkembang menjadi berbagai jenis sel yang berbeda -seperti kulit, otot, bahkan jantung- tergantung pada apa yang dibutuhkan.