Hujan Pagi Tadi Sejumlah Wilayah Jakarta Banjir, Ini Penjelasan BMKG

Kompas.com - 08/02/2020, 13:45 WIB
Terowongan Ghandi yang terendam di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (8/2/2020) KOMPAS.com/ BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA LADJARTerowongan Ghandi yang terendam di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (8/2/2020)

 

KOMPAS.com - Sebagian wilayah di DKI Jakarta banjir setelah hujan intens yang mengguyur sejak dini hari, Sabtu (8/2/2020).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) memprediksi potensi hujan masih akan terjadi, hari ini hingga dua hari ke depan.

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini BMKG, Miming Saepudin memaparkan data hujan yang terukur dengan curah hujan selama 24 jam terakhir. Pada pukul 07.00 WIB hari ini, curah hujan di wilayah Jabodetabek menunjukkan intensitas lebat hingga sedang dan cukup ekstrim.

Baca juga: BMKG: Hujan Seharian di Jakarta akan Disertai Petir dan Angin Kencang

"Curah hujan tersebut terukur di Pulo Mas. Terutama di wilayah Jakarta Utara dan Bogor," ungkap Miming kepada Kompas.com.

Sedangkan untuk hari ini dan dua hari ke depan, kata Miming, intensitas hujan cukup menurun di wilayah Jabodetabek. Namun, hujan ringan hingga sedang masih dapat terjadi di wilayah selatan antara lain di Jakarta Selatan, Depok dan Bogor. 

"Terutama (hujan di wilayah tersebut) pada sore hingga malam hari," imbuh Miming.

Sementara di wilayah Jakarta Utara, umumnya potensi hujan dapat terjadi pada dini hari menjelang pagi. Secara umum pada siang hari kondisi cuaca berawan

Miming menambahkan potensi hujan lebat perlu diwaspadai kembali, terutama di wilayah Jabodetabek antara tanggal 12-16 Februari 2020.

BMKG kembali menegaskan pada bulan Februari hingga Maret ini masih menjadi periode musim hujan, sehingga potensi hujan lebat hingga sangat lebat masih dapat terjadi. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada terhadap potensi hujan dan dampaknya, serta selalu memperbarui informasi prakiraan cuaca dari BMKG.

Baca juga: Akibat Hujan Deras, Jalan Jenderal Ahmad Yani Terendam Banjjr

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X