Jantung Nitrogen Pluto Ungkapkan Kemiripan Planet Kerdil dengan Bumi

Kompas.com - 06/02/2020, 19:32 WIB
Wajah pluto ternyata berwarna-warni, terdiri dari biru pucat, kuning, dan merah gelap. NASAWajah pluto ternyata berwarna-warni, terdiri dari biru pucat, kuning, dan merah gelap.

KOMPAS.com - Sebuah studi mengungkap struktur berbentuk hati dari nitrogen beku ternyata menjadi biang yang mengendalikan angin di permukaan Pluto.

Akibatnya, angin tersebut menimbulkan corak pada permukaan planet kerdil ini.

Melansir Science Daily, Kamis (6/2/2020), struktur bernama Tombaugh Regio ini menjadi terkenal setelah misi New Horizons Nasa menangkap gambar dari planet kerdil itu pada 2015 lalu.

Hasil pengamatan itu mematahkan anggapan ilmuwan tentang gambar dari Pluto yang diperkirakan sebagai dunia tandus.

Penelitian baru akhirnya menunjukkan jantung nitrogen Pluto yang terkenal itu mengatur sirkulasi atmosfernya.