Masuki Musim Hujan, Jamur Raksasa Akan Bermunculan di Indonesia

Kompas.com - 05/02/2020, 09:03 WIB
Ilustrasi Jamur Raksasa. Macrocybe Pegler & Lodge dari Bingil Bay, Queensland, Australia John McCormack (Northerner)Ilustrasi Jamur Raksasa. Macrocybe Pegler & Lodge dari Bingil Bay, Queensland, Australia

KOMPAS.com - Memasuki musim hujan banyak tumbuhan yang akan tumbuh subur di habitatnya, termasuk jenis jamur raksasa.

Menurut Peneliti Jamur Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Atik Retnowati, musim penghujan merupakan waktu yang sangat ideal bagi jamur untuk tumbuh.

Fenomena tumbuhnya jamur raksasa di musim penghujan merupakan kondisi yang juga umum terjadi, terutama di Indonesia, yakni di wilayah pulau Jawa.

"Fenomena tumbuhnya jamur berukuran raksasa di musim penghujan seperti di Magetan dan Kuningan merupakan kondisi yang umum terjadi," kata dia, Selasa (4/2/2020).