Setelah Virus Corona China Diserang Flu Burung, Seperti apa Bahayanya?

Kompas.com - 03/02/2020, 18:59 WIB
Dalam foto ini terlihat seorang petugas dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Hewan di Changsa, Provinsi Hunan, China, tengah memeriksa seekor ayam dalam rangka mencegah penyebaran flu burung. STR / AFPDalam foto ini terlihat seorang petugas dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Hewan di Changsa, Provinsi Hunan, China, tengah memeriksa seekor ayam dalam rangka mencegah penyebaran flu burung.


KOMPAS.com - Virus corona masih menjadi mimpi buruk bagi masyarakat dunia, terutama di China. Belum juga mereda, Negeri Tirai Bambu ini kembali diserang flu burung.

Sebanyak 4.500 ekor ayam dilaporkan mati mendadak di daerah pertanian di kota Shaoyang, provinsi Hunan selatan.

Bahkan, sebanyak 17.828 ekor unggas dimusnahkan untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran wabah tersebut. Flu burung juga pernah menjadi wabah besar bagi dunia, tak terkecuali bagi Indonesia.

Lantas, seperti apa dan bagaimana bahaya flu burung ini bagi manusia?

Baca juga: Flu Burung Merebak di Hunan, Tak Jauh dari Epicentrum Virus Corona di Wuhan

Melansir WebMD, Senin (3/2/2020), flu burung atau Avian influenza adalah infeksi virus yang penyebarannya dari unggas ke unggas.

Saat ini, jenis flu burung yang mematikan yakni H5N1 yang terus menyebar di antara unggas di Mesir dan beberapa negara di Asia.

Secara teknis, H5N1 adalah virus avian influenza yang sangat patogen (HPAI), sangat mematikan bagi unggas dan manusia serta mamalia lain.

Infeksi flu burung pada manusia

Sejak kali pertama kasus ini ditemukan pada manusia pada tahun 1997, H5N1 telah membunuh hampir 60 persen orang yang terinfeksi saat itu.

Akan tetapi, tidak seperti bakteri flu pada manusia, flu burung tidak menyebar dengan mudah dari orang ke orang. Sangat sedikit kasus penularan virus flu burung dari orang ke orang.

Baca juga: Pernah Hadapi Flu Burung, Ini Kesiapsiagaan untuk Hadapi Virus Corona

Migrasi unggas air, seperti bebek liar dianggap sebagai pembawa alami virus flu burung. Diduga infeksi dapat menyebar dari unggas liar ke unggas domestik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber WebMD
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X