Secara Ajaib Paru-paru Sembuhkan Kerusakan Akibat Merokok, Kok Bisa?

Kompas.com - 01/02/2020, 13:03 WIB
Ilustrasi paru-paru yodiyimIlustrasi paru-paru


KOMPAS.com - Kebiasaan merokok tentu memberi dampak buruk bagi kesehatan paru-paru. Namun, ternyata secara ajaib organ pernapasan ini bisa sembuhkan kerusakan akibat rokok.

Melansir BBC Indonesia, Sabtu (1/2/2020), tidak banyak yang mengetahui apabila paru-paru memiliki kemampuan yang nyaris ajaib untuk memperbaiki mutasi kanker akibat merokok.

Akan tetapi, menurut para ilmuwan, syaratnya adalah berhenti merokok agar organ ini dapat bekerja memperbaiki kerusakan tersebut.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature ini menunjukkan sejumlah sel yang lolos dari kerusakan akibat merokok dapat memperbaiki paru-paru.

Dari penelitian itu, seperti apakah dampaknya?

Baca juga: Benarkah Merokok Setelah Makan Paling Berbahaya?

Buktinya, ditunjukkan pada pasien yang merokok 20 batang rokok atau sebungkus per hari selama 40 tahun, sebelum dia berhenti merokok.

Ribuan bahan kimia dalam asap tembakau merusak dan mengubah DNA dalam sel paru-paru. Secara perlahan zat kimia itu akan mengubahnya dari yang semula sehat menjadi kanker.

Penelitian ini menemukan daya merusak tersebut terjadi dalam skala masif di dalam paru-paru para perokok, bahkan sebelum mereka menderita kanker.

Hasil penelitian menyebutkan, orang-orang yang berhenti merokok, hingga 40 persen dari sel mereka tampak seperti orang yang belum pernah merokok.

Sebagian besar sel diambil dari saluran udara para perokok yang telah dimutasi oleh tembakau. Sel tersebut mengandung hingga 10.000 perubahan genetik.

Baca juga: Terbukti, Aktif Merokok Bikin Wajah Tampak Lebih Tua

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X