Laba-laba Lady Gaga Matematika ini Warna Hijaunya Langka, Kenapa?

Kompas.com - 30/01/2020, 19:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Spesies baru laba-laba dari keluarga Araneidae ini diberi nama Lady Gaga of Math atau Lady Gaga Matematika.

Laba-laba ini memiliki warna hijau neon yang cukup mencolok, namanya diambil dari Cédric Villani, seorang matematikawan asal Prancis.

Villani juga dijuluki sebagai Lady Gaga of Franch Mathematics, tak heran jika spesies laba-laba baru ini dinamai demikian.

Melansir Live Science, Kamis (30/1/2020), laba-laba hijau neon dari ordo penenun, Arachnid ini menggunakan perhitungan matematis yang sangat tepat untuk membangun jaringnya.

Baca juga: Langka, Laba-Laba Mangsa Hewan Mirip Tikus

Inilah yang membuat laba-laba ini unik, karena dalam membuat jaringnya, secara konsisten dilakukan dengan perhitungan yang tepat.

Arachnid hijau terang ini adalah laba-laba penenun yang di antara keluarganya cenderung membangun arsitektur jaring-jaring yang estetis dan indah.

Studi ini dipimpin Alireza Zamani, mahasiswa doktoral di Unit Keanekaragaman Hayati di University of Turku di Finlandia.

Dalam penelitian tersebut terlihat bagaimana laba-laba ini berpedoman pada rasio emas.

Faktanya, kerabat dekat laba-laba penenun taman, Araneus diadematus menciptakan sekitar 30 benang radial atau garis jari-jari yang memanjang dari bagian tengah.